09
Aug ' 18
img
urbangigs
Selain Skill Permainan Drumnya yang Keren, Ini Rahasia Drummer Dunia!
Author: GENERATION-G

Vibe, dinamika, groove, dan rasa dari sebuah lagu jadi hal yang bisa dibangun dengan keberadaan drum sebagai salah satu instrumen yang digunakan dalam sebuah lagu. Selain itu, keberadaan drum ini juga punya peran sebagai pencatat waktu dengan ketukan-ketukan yang dihasilkan. Makanya, nggak heran, pemain instrumen ini punya deretan orang jenius di dalamnya. Selain permainan drum yang harus oke punya, ternyata banyak aspek tambahan yang dibutuhkan sama seorang drummer buat melakukan perannya. Contohnya tiga drummer kelas dunia di bawah ini, ternyata punya cara sendiri buat permainan drum mereka. Apa aja sih rahasianya?


1. Bill Stevenson dan Kafeinnya

Image Source: thelosangelesbeat.com
 

Di saat umurnya masih muda, yakni 14 tahun, Bill Stevenson udah jadi salah satu pendiri dari Descendents, band yang merupakan groundwork buat Green Day, Blink 182, Fall Out Boy, dan Weezer. Tapi, superstardom momen drummer yang satu ini dimulai ketika dia ikut main bareng band punk asal Los Angeles, Black Flag, di tengah-tengah masa kreatif band yang satu itu. Selain permainan drum yang keren , Bill juga seorang produser yang udah memproduksi sekitar 78 album.

Selama bermain drum, karakter hiperaktif lengket banget menempel pada sosok Bill Stevenson. Mau tahu rahasianya? Kafein. Dalam satu hari, caffeine intake-nya melewati jumlah gelas kopi bapak-bapak ngeronda! Di sebuah wawancara di tahun 2014, Bill bilang kalau dia butuh 8 gelas espresso atau 50 bar snack cokelat sebelum bawain permainan drum di atas panggung. Wah, jadi penasaran sama riders-nya, ya!


2. Glenn Kotche

Image Source: sonor.com
 

Pas udah cinta banget sama yang dilakukan, pasti seseorang mampu melakukan apapun yang bikin kerjaannya jadi makin keren. Glenn Kotche, drummer dari Wilco, band rock alternative asal Chicago, Illinois, juga udah secinta itu sama pekerjaannya sebagai drummer dan bikin permainan drum doi jadi maksimal.

Nggak tanggung-tanggung, selain skill permainan drum yang udah diakui dunia bahkan sampai masuk ke dalam daftar 40 besar pemain drum terbaik dunia, dia juga menambahkan berbagai perangkat mekanis dan digital biar lagu yang dibawain jadi makin spesial! Misalnya, drum kitnya akan dilengkapi sama vibraphone, gong, dan simbal antik. Pengen dengar yang ekstra? Dia juga menambah bola pingpong yang dipenuhi pellet atau sampai nyebar manik-manik dan beras di drumhead-nya!


3. Richie Hayward

Image Source: Wikipedia
 

Tahun 1969 jadi tahun yang penting buat Richie Hayward, karena saat itu dia, George, Bill Payne, dan Roy Estrada bikin band Little Feat. Selain itu, permainan drum Hayward juga banyak mengisi lagu berbagai musisi lainnya seperti Eric Clapton dan Warren Zevon. Sebagai penggerak utama band, ia membuat Little Feat versi dancehall yang penuh warna.

Di tengah performance-nya, ada dua rahasia di balik permainan drum-nya. Pertama adalah soal caranya untuk tap in di lagu, yakni dengan ikut nyanyi. “I never got it to where I could play like I do when I'm not singing”, katanya. Bahkan, drummer Phish, Jon Fishman, pernah bilang kalau cara terbaik buat memprediksi apa yang dimainkan Richie Hayward adalah dengan dengar frasa liriknya. Selain itu, dalam sebuah wawancara, Hayward juga cerita alasan di balik kursi drum-nya yang selalu disetel rendah. Buat Richie, pusat gravitasi tubuhnya rendah dan duduk lebih tinggi bikin dia jadi lebih goyah.

Performa maksimal jadi hal penting yang diperhatikan sama drummer buat bikin lagu jadi ber-power. Nggak cuma permainan drum dan trik-trik rahasia tadi, pemain drum juga harus banget fit, terutama buat “ngisi” lagu yang punya beat cepat kayak deretan lagu penyemangat di playlist lo! Jadi, buat lo yang pengen banget jadi pemain drum, buruan catat rahasia di atas, ya!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

urbangigs

Kira-kira, Apa Ya Arti Lagu Tentang September Ini?
Kira-kira apa ya artinya?
Read More

urbangigs

Lirik Lagu yang Bisa Jadi Doping Semangat
Biar jatuh bangun ada yang nemenin
Read More

urbangigs

Deretan Musik Romantis Buat Level Hubungan Lo
Bahan dengar yang pas!
Read More

urbangigs

5 Video Musik Band Indie Lokal Keren Buat Lo Tonton!
Daftar video musik band Indie Indonesia keren buat lo tonton!
Read More