04
Jun ' 18
img
urbangigs
Perkawinan Seru dari Musik Rock. Apa Aja, Ya?
Author: GENERATION-G

Musik rock bisa dibilang jadi salah satu genre yang punya banyak peminat. Sejarahnya yang panjang dan banyak artis ternama dari genre musik ini jadi alasan lo buat setuju kalau rock jadi salah satu genre musik papan atas dunia. Sebagai fans musik rock, subgenre apa aja sih yang lo tahu? Pernah dengar subgenre rock kayak di bawah ini?

 

Consequenceofsound.net

 

1. Rap Rock

Berusaha buat menyatukan dua aliran musik yang punya penggemar tinggi yakni hip hop dan rock, rap rock bisa dibilang meledak di tahun ‘90an. Walau mix aliran ini sudah ada sebelumnya, Rage Against The Machine dan Linkin Park jadi nama-nama besar yang bikin rap rock masuk ke masa emasnya. Lalu, ada yang tahu kenapa genre yang satu ini lumayan diminati? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena semangat yang berasa pas dengerin musiknya.

Rap rock sendiri merupakan genre musik yang berusaha buat nyatuin elemen instrumen musik dan vokal dari hip hop dan beragam jenis musik rock. Kebanyakan hasilnya adalah memainkan musik rock, tapi vokalisnya nge-rap! Rap rock sendiri bisa dikategorikan sebagai saudara sekandung sama rap metal. Tapi, rap metal cenderung punya riff-riff yang berat dan rap rock punya suara yang lebih organik.

 

nme.com

 

2. Acid Rock

Buat lo yang suka dengar lagu-lagu Tame Impala yang bernuansa psychedelic rock, perlu juga tahu kalau ada genre yang bisa dibilang saudaraan. Yep, mereka emang kakak adik, tapi acid rock punya suara yang lebih keras juga berat dan berkembang di bagian Pantai Barat Amerika Serikat. Nama-nama besar kayak Jimi Hendrix, The Doors, dan Mobey Grape dianggap punya sumbangan besar buat genre musik rock yang satu ini. FYI, acid rock juga disebut-sebuat sebagai cikal bakal adanya genre heavy metal, lho!

 

 

3. Space Rock

Nggak usah jauh-jauh membayangkan space rock sebagai musik rock yang dihasilkan dari benda-benda angkasa. Subgenre dari musik rock ini disebut-sebut berawal dari Pink Floyd di akhir tahun ‘60-an dan dapat popularitas di tahun ‘70-an. Band-band lainnya yang terkait sama genre ini sebenarnya banyak, namun Pink Floyd jadi salah satu bagian teratas dari daftar panjang itu.

Terus, apa sih space rock itu? Banyak yang nyebut kalau subgenre ini berawal dari psychedelic rock. Saat dengar lagu-lagu space rock ini, lo bakalan nemu penggunaan organ elektronik yang lambat dan panjang, synthesizer, dan eksperimen suara gitar. Satu yang nggak boleh ketinggalan dan bikin space rock jadi utuh yakni lirik-lirik dengan tema fiksi ilmiah atau ruang angkasa.

 

harryandthepotters.com

 

4. Wizard Rock

Bukan cuma meledak dari segi penjualan buku sama filmnya, Harry Potter, tokoh fiksi karya J.K. Rowling juga memicu munculnya satu subgenre musik rock yang baru! Udah pernah baca buku atau nonton filmnya? Mungkin dengar lagu yang terinspirasi dari fiksi ini bisa jadi tantangan buat lo.

Wizard rock atau sering kali dipanggil “worck” ini muncul di antara tahun 2002 hingga 2004 di Amerika Serikat. Isi lagunya sendiri emang nggak jauh dari sumbernya, yakni bercerita hal-hal yang berbau dunia Harry Potter. Buat lo yang mau coba dengar, band-band yang mempelopori subgenre ini misalnya Harry And The Potter dan Draco And The Malfoy.

 

davidclarkallen.com

 

5. Flamenco rock

Pernah dengar musik-musik flamenco, kan? Genre musik dari Spanyol ini ternyata berawal dari musik tradisional, lho! Iramanya yang riang memang pas banget sama tarian yang juga dibawakan saat menonton penampilan flamenco ini. Cocok banget deh buat jadi lagu penyemangat! Terus, gimana ya kalau musik seceria flamenco dibawakan bareng sama musik rock? Pasti belum pernah dengar, kan?

Perpaduan dua musik itu emang beneran ada, kok! Flamenco rock dipercaya berkembang di Andalusia di tahun ‘60 hingga ‘70-an. Musisi yang menggeluti flamenco rock ini juga lumayan banyak. Tapi, kalau lo mau coba dengar, lagu-lagu dari Triana yang dipercaya sebagai pionir musik ini bisa lo dengarkan, lho!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

urbangigs

Cerita Kehidupan Musisi Terbaik di Dunia Yang Bisa Jadi Inspirasi Bermusik Lo Makin Kuat!
Bukan cuma bisa kasih penampilan yang memorable, para musisi dunia ini juga bisa memacu inspirasi bermusik! Siapa aja mereka?
Read More

urbangigs

Lagu Jadul yang Paling Sering Diremix Disko Masa Kini
Never too old to make you dance
Read More

urbangigs

Band yang Pernah Sukses Bikin Aransemen Musik dari Lagu Lama
Musik nggak punya tanggal kedaluwarsa. Makanya, lagu lama yang dikasih sentuhan dengan aransemen musik baru juga bisa berjaya di mana-mana. Band-band
Read More

urbangigs

Kira-kira, Apa Ya Arti Lagu Tentang September Ini?
Kira-kira apa ya artinya?
Read More