01
Nov ' 18
img
urbangigs
Nggak Harus Genre Musik Khusus, Ini Yang Perlu Didengar Biar Produktif
Author: GENERATION-G

Udah sejak tahun ‘50-an, penelitian soal pengaruh musik sama perkembangan otak dilakukan di mana-mana. Hasilnya, sampai sekarang  musik secara positif bikin manusia jadi lebih produktif selain kadang membantu buat memblokir suara-suara yang distracting. Misalnya, salah satu penelitian yang dilakukan di University of Miami nunjukkin kalau dengan mendengarkan musik, pekerjaan yang dilakukan jadi lebih cepat selesai dan lo bisa dapat lebih banyak ide. Ternyata, nggak perlu mendengarkan satu genre khusus biar lo bisa lebih konsentrasi. Ini nih berbagai jenis musik yang bisa lo dengerin!

 

 

1. Musik Yang Nggak Ada Liriknya

 

Apapun genre musiknya, keberadaan lirik emang jadi hal yang cukup nggak bisa dipisahkan dari sebuah lagu. Tapi, kalau lagi ngerjain tugas atau butuh konsentrasi lebih, lagu tanpa lirik adalah pilihan yang pas. Soalnya, keberadaan lirik apa lagi dari genre musik favorit lo bisa mengecoh sistem kerja otak. Pas otak lagi memproses sesuatu, terus tiba-tiba terdengar lagu yang liriknya lo ingat. Otomatis, otak akan me-recall ingatan soal lirik lagu tersebut buat lo nyanyiin.

Coba aja mulai buat cari-cari lagu instrumental dari musisi favorit lo. Terus, bikin playlist deh buat didengerin pas lagi ngerjain tugas. Nanti, bakalan berasa deh bedanya sama denger lagu yang ada liriknya!

 

 

 

2. Musik Buat Game

 

Musik-musik yang dibuat untuk game, biasanya memang sudah didesain untuk meningkatkan pengalaman lo bermain. Musik ini bisa jaga mood lo buat terus bersemangat dan makin berusaha buat menghadapi obstacle yang ada di dalam game tersebut, Makanya, musik-musik game, biasanya dibuat sedemikian rupa tanpa mengganggu objektif dari game tersebut.

Pas banget, tuh! Kini saatnya lo mulai ingat-ingat game yang pernah dimainin dari masa kecil sampai saat ini. Terus, bikin deh kompilasi khusus buat agenda belajar atau kerjain tugas dan tinggalin dulu musik favorit lo sebentar. Dengan begitu, lo akan termotivasi buat menyelesaikan tugas dan lanjut ke tugas selanjutnya kayak di dalam permainan.

 

 

 

3. Musik Klasik

 

Udah dari zaman dulu, musik klasik dipercaya bisa meningkatkan kemampuan otak. Nggak heran, para orang tua bahkan ajak anaknya untuk dengar musik yang satu ini bahkan sejak dalam kandungan. Selain bikin otak lo jadi lebih mudah untuk berkonsentrasi, genre musik klasik terbukti bisa bikin lo makin fokus dan detil pas melihat sesuatu. Bahkan, terbukti juga bikin social skill lo jadi makin asik! Sesekali, nggak ada salahnya buat lihat-lihat lagi koleksi genre musik klasik dari musisi sekelas Beethoven atau Mozart dan jadiin backsound buat ngerjain tugas.

 

 

 

4. Musik Yang Nggak Lo Kenal

 

Sebenarnya, musik secara umum bisa bantuin lo buat lebih fokus sama yang sedang dikerjakan. Nggak perlu memilih genre musik tertentu apa lagi yang jadi favorit lo. Justru, musik-musik yang nggak lo kenal ternyata bisa lebih konsentrasi jadi lebih gampang. Misalnya,  kalau lo terbiasa dengan musik tertentu, dengan ganti lagu dari genre musik nggak biasanya lo dengar jadi lebih gampang tuh buat konsentrasi. Soalnya, lo nggak merasa familiar sama lagu tersebut.

Selain musik-musik di atas, bisa juga pilih suara-suara alam yang menenangkan. Suara aliran sungai, jangkrik saat malam hari, atau suara cicitan burung di pagi hari. Buat nemuin suara ini, coba aja buka-buka playlist nature di platform musik streaming favorit atau di Youtube. Kalau udah siap semua, langsung deh kerjain tugasnya! Semangat, ya!

 

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

urbangigs

Kira-kira, Apa Ya Arti Lagu Tentang September Ini?
Kira-kira apa ya artinya?
Read More

urbangigs

Lirik Lagu yang Bisa Jadi Doping Semangat
Biar jatuh bangun ada yang nemenin
Read More

urbangigs

Deretan Musik Romantis Buat Level Hubungan Lo
Bahan dengar yang pas!
Read More

urbangigs

5 Video Musik Band Indie Lokal Keren Buat Lo Tonton!
Daftar video musik band Indie Indonesia keren buat lo tonton!
Read More