06
Aug ' 18
img
urbangigs
Deretan Album Lagu yang Punya Harga Tinggi di Pasaran
Author: GENERATION-G

Pas beli album lagu kesayangan di akhir bulan, nggak jarang lo harus mikir berkali-kali. Kecuali, kalau albumnya spesial banget buat lo! Oit, itu masih album dengan harga normal! Kalau buat beli deretan album lagu dengan harga selangit kayak di bawah ini, kira-kira butuh mikir berapa kali, ya?

 

Image Source: icollection.com

 

1. Prince “The Versace Experience - Prelude 2 Gold

 

Percaya nggak sih kalau ada satu kaset tape yang terjual dengan harga puluhan juta? Jangan kaget dulu, di balik harganya yang tinggi yakni $4087 atau sekitar Rp59 Juta Rupiah, ternyata album lagu ini umurnya belum ada dua dekade, lho! Kaset ini adalah sebuah promo item dari LP Prince, yakni The Gold Experience yang diberikan kepada pengunjung dari Versace collection di Paris Fashion Week di musim panas tahun ‘95.

Kaset yang diberi label The Versace Experience - Prelude 2 Gold ini ternyata memang cuma tersedia dalam bentuk tape. Di bulan Agustus 2016, kaset ini memecahkan rekor sebagai kaset tape termahal yang pernah terjual di dunia setelah sebelumnya memecahkan rekor sebagai penjualan paling mahal di website Discogs.

 

Image Source: revinedguy.gom

 

2. Wu Tang Clan, ”Once Upon a Time in Shaolin” LP

 

Ngaku penggemar berat dari grup hip-hop asal New York City, Wu-Tang Clan? Siap merogoh kocek sampai jebol buat bisa dapat satu-satunya copy dari LP mereka, Once Upon a Time in Shaolin! Terakhir terjual di tahun 2015, album musik ini dihargai sebesar U$D2 Miliar dan dibeli oleh Martin Shrkelli pada 24 November 2015.

Dalam sebuah feature di Rolling Stone, RZA, leader dari grup ini disebut-sebut udah beberapa kali mencoba untuk membeli kembali album lagu ini. Buat dia, album Once Upon a Time in Shaolin sudah sama seperti lukisan Leonardo Da Vinci, Mona Lisa. Sayangnya, sesuai dengan kontrak yang pernah dibuat, album ini nggak boleh masuk di pasaran lagi minimal 88 tahun setelah terjual di tahun 2015! Wah, nunggunya lama banget, ya!

 

Image Source: dustandgrooves.com

 

3. The Beatles - “The Beatles” (The "White Album")

 

Dua tahun sebelum pengajuan gugatan bubarnya band asal Inggris ini, “The White Album” lahir. Album ini jadi album studio kesembilan dan dirilis pada November 1968. Tapi, tahu nggak sih lo kalau kabarnya, album ini cukup banyak merekam perpecahan di antara mereka? Mulai dari banyaknya gesekan pas lagi pembuatan, sampai bahkan John Lennon pernah bilang, “the break-up of The Beatles can be heard on that album”.

Setelah dirilis, album dengan desain minimalis dengan emboss tulisan “The Beatles” pada covernya ini pun dijual di pasaran. Nah, di tahun 2015, sebuah copy dari album lagu ini milik Ringo Starr, sang drummer, akhirnya terjual di sebuah pelelangan dengan harga $790,000! Album ini berisi sekitar 30 lagu, dan kurang lebih empat di antaranya merupakan lagu akustik.

 

Image Source: eil.com

 

4. PRINCE – MY NAME WAS PRINCE, Japan-Only Compilation

 

Rekor salah satu album dalam bentuk CD termahal di dunia sampai saat ini masih dipegang oleh album lagu rilisan terbatas milik Prince. Album yang berisi total 12 tracks ini hanya diluncurkan 50 kopi di Jepang. Jumlahnya yang sedikit bikin album My Name Was Prince harus ditebus seharga $5000-an per kopinya!

Selain karena dirilis secara terbatas, sejarah album ini juga bikin harganya jadi melonjak. Kabarnya sih, saat pembuatan CD ini, Prince dan Warner dari Warner Bross lagi ada dalam sebuah perselisihan. Sampai akhirnya, Prince pun ganti nama jadi simbol yang nggak bisa disebut, yakni O(+>.

 

Bisa kebayang nggak sih berapa banyak waktu yang harus lo gunakan buat nabung demi beli album musik di atas? Siap-siap ngirit habis-habisan, ya!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

urbangigs

Kira-kira, Apa Ya Arti Lagu Tentang September Ini?
Kira-kira apa ya artinya?
Read More

urbangigs

Lirik Lagu yang Bisa Jadi Doping Semangat
Biar jatuh bangun ada yang nemenin
Read More

urbangigs

Deretan Musik Romantis Buat Level Hubungan Lo
Bahan dengar yang pas!
Read More

urbangigs

5 Video Musik Band Indie Lokal Keren Buat Lo Tonton!
Daftar video musik band Indie Indonesia keren buat lo tonton!
Read More