logo
logo

Pasti ada alasan di balik meledaknya suatu lagu. Selain karena musik dan liriknya yang emang berkualitas, feel yang ditampilkan juga terasa di hati penggemar. Beberapa lagu terpopuler ini contohnya, jadi bukti kalau di balik lagu yang sempat mampir di chart ini juga bercerita soal kisah-kisah sedih. Udah tahu lagu apa aja? Simak di bawah ini!

 

Image Source: culto.latercera.com

 

1. Penculikan di Balik Lagu Polly, Nirvana

Kelamnya lagu Polly bakalan mulai lo rasain ketika lirik udah mulai terdengar. Bukan tanpa alasan, efek kelam ini hadir emang karena cerita yang disampaikan juga sedih dan menyeramkan oleh lagu berjudul Polly ini. Lagu ini sendiri muncul di album paling suksesnya Nirvana, Nevermind. Padahal, lagu Polly udah dibuat dari tahun 1988, lho!

Lagu terpopuler yang sempat tiga kali ganti nama dari ‘Hitchhiker‘, ke ‘Cracker‘, sampai jadi ‘Polly’ di final versionnya ini ternyata adalah respon dari Kurt Cobain sebagai respon atas apa yang dibaca di koran bulan Juni 1987. Ceritanya, saat itu terjadi penculikan yang disertai pemerkosaan dan kekerasan terhadap seorang cewek berumur 14 tahun. Cobain sendiri pernah bilang kalau dia suka nulis soal orang lain dan kejadian-kejadian tertentu, soalnya bagi dia hidupnya sendiri boring.

 

Image Source: pinterest

 

2. Pengalaman Hidup Dalam Loser, Beck

Soy, un perdedor

I’m a loser baby

So why don’t you kill me?

Buat yang pernah melalui masa-masa ‘90-an, lirik lagu terpopuler ini pasti pernah nempel di telinga lo. Di balik lirik yang lucu serta chorus-nya yang catchy dan menyebalkan, kabarnya ada cerita sedih soal lagu berjudul Loser ini.

Kabarnya, di tahun ‘90-an, Beck, penyanyinya adalah seorang tunawisma yang kerja dengan upah rendah. Beberapa sumber bilang kalau lagu Loser awal mulanya adalah joke yang Beck bikin buat dirinya sendiri sebagai respon karena suka diledek sama teman-temannya. Di liriknya yang terdengar jujur dan blak-blakan, banyak yang bisa relate sama lagu ini di masa muda! But in the then, he’s not a loser after all!

 

Image Source: bbc.co.uk

 

3. Cerita Ian Curtis Dalam Love Will Tear Us Apart, Joy Division

Suasana gelap yang terbangun sempurna dari musik dan liriknya bikin lagu Love Will Tear Us Apart jadi sesuatu yang bitter-sweet dan memorable. Terlebih, lagu ini baru dirilis seminggu setelah penciptanya, Ian Curtis, yang merupakan vokalis Joy Division memilih untuk mengakhiri hidupnya. Lirik satu dari lagu terpopuler ini sendiri berisi tentang keadaan sebuah hubungan yang nggak stabil, dari 'something so good' sampai ke 'just can't function no more'.  Lagu ini sempat di-take dua kali di dua studio yang berbeda karena Ian Curtis dan Martin Hannet selaku produser nggak suka. Pengambilan lagu ini dilakukan di Pennine dan Strawberry Studio. Drummer Joy Division, Stephen Morris, bilang bahwa dia ingat betapa kesalnya pas harus ulang permainan drum yang dilakukan.

Lagu terpopuler yang sampai sekarang menempati berbagai chart sebagai lagu terbaik dunia ini ternyata ungkapan perasaan bersalah Ian Curtis terhadap istrinya, Deborah Curtis. Saat lagu ini dibuat, Ian lagi terlibat affair sama Annik Honore, salah satu orang Belgia yang ditemui Curtis di sebuah tur.

 

Image Source: bbc.co.uk

 

4. Kematian Jeremy Dalam Jeremy, Pearl Jam

Nuansa kehidupan yang nggak bahagia langsung terasa pas lo dengar lirik lagu Jeremy dari Pearl Jam ini. Satu dari deretan lagu terpopuler dunia yang dirilis tahun 1992 ini juga punya cerita sedih di baliknya, yakni soal bunuh diri yang dilakukan seorang pelajar Richardson High School, Texas. Eddie Vedder, frontman Pearl Jam bilang kalau dia terinspirasi bikin lagu Jeremy dari cerita Jeremy Wade Delle ini dan merasa pernah mengalami hal yang mirip sama pengalaman ini.

Sampai saat ini, belum bisa disimpulkan apa yang bikin Jeremy mengambil nyawanya sendiri. Salah satu teman yang biasa ia ajak berkirim pesan cuma sempat notice kalau Jeremy mengganti salam perpisahan di suratnya dari yang biasanya “write back” jadi “later days”.

Buat para musisi, inspirasi lagu bisa ditemukan di mana aja. Termasuk kisah-kisah sedih kayak di atas ini.

SHARE THIS AWESOMENESS!!