logo
logo

Tema sosial udah jadi santapan mereka yang milih jalur indie dalam berkarya. Ekspresi diri mereka muncul dengan berbagai bentuk, beberapa di antaranya berusaha buat membahas, menyuntikkan semangat, sekaligus melontarkan kritik buat masalah sosial yang ada di masyarakat. Nggak terkecuali salah satu kolaborasi dari Unreleased Project yaitu The Brandals x Agrikulture, Generation-G! Bahkan, kedua lirik lagu hasil kolaborasi mereka yakni Classes Society serta Lepaskan dan Lupakan juga berusaha menggambarkan kehidupan sosial di masa sekarang. Lirik yang memancing semangat dibalut dengan musik upbeat dari kedua lagu itu juga sukses bikin acara Urban GiGs x Unreleased Project di Lapangan Cilandak Driving Range, Jakarta, 28 Oktober 2017 semakin meriah. Ditambah lagi, kehadiran Sore bikin suasana yang tadinya “terbakar” diakhiri dengan sejuk! Simak keseruannya dalam video berikut!

 

 

Bukan cuma The Brandals x Agrikulture, ide-ide tentang kehidupan sosial juga disuarakan oleh band indie Indonesia lainnya. Berikut beberapa band yang mengemas isu sosial mereka lewat lagu dengan apik dan cocok buat ngisi playlist lo, Generation-G!

 

https://www.instagram.com/p/BW5JC-PDFOj/?taken-by=sebelahmata_erk

 

1. Efek Rumah Kaca - Belanja Terus Sampai Mati

Band yang satu ini terkenal dengan lirik-lirik mereka yang puitis. Tapi bukan mendayu, justru “nyindir” kehidupan dan bikin malu! Salah satunya lewat lagu Belanja Terus Sampai Mati yang menyampaikan gimana kebiasaan orang belanja yang kadang nggak cuma buat keperluan aja, tapi kadang cuma karena perilaku konsumtif, tanpa alasan, atau cuma buat kebanggaan.

Band yang udah tiga kali ganti nama ini nggak cuma menyuarakan permasalahan sosial lewat lagu itu. Sebagian besar lagu mereka juga berusaha mengangkat berbagai problem lainnya di berbagai aspek kehidupan misalnya Mosi Tidak Percaya Jangan Bakar Buku, Kenakalan Remaja di Era Informatika, dan berbagai lagu lainnya.

 

(image dari dokumentasi UrbanGiGs)

 

2. Kelompok Penerbang Roket - Dimana Merdeka

Band yang jadi salah satu pengisi kolaborasi Unreleased Project ini juga punya pesan-pesan yang pasti bikin jiwa muda lo terbakar, Generation-G! Dimana Merdeka, contohnya, jadi salah satu lagu yang lumayan “menyulut” dan bikin lo pengen nyanyi bareng mereka. Dalam lagu ini, isinya pun berusaha “menyentil” lo buat mempertanyakan soal kemerdekaan buat jadi diri sendiri.

Band yang beranggotakan John Paul Patton (Coki), Viki Vikranta, dan Ray Marshall ini nggak cuma menyuarakan hal-hal yang bertema sosial dalam lagu Dimana Merdeka. Lagu lainnya yang berjudul Mati Muda juga berisi kritik dan pas banget buat ngisi playlist lo!

 

https://goo.gl/images/1SULR5
 

3. .Feast - Camkan

Masih ditempelin label sebagai band muda, nggak bikin .Feast kendor dalam menyuarakan isi kepala mereka. Bahkan, dengan berani band indie Indonesia satu ini bawain lirik-lirik yang cukup “berisik” dan memancing lo buat melirik! Yep, Baskara Putra, Adnan SP, Dicky Renanda, F.Fikriawan, dan Adrianus Aristo Haryo emang nggak nanggung dalam bermusik! Nah, salah satu lagu mereka yang punya tema sosial dan cocok banget masuk playlist lo adalah Camkan. Lagu ini berusaha buat menyuarakan pesan tentang kebhinekaan yang belakangan jadi permasalahan sosial yang cukup panas di Indonesia. Selain Camkan, masih banyak kok lagu .Feast  yang bisa bikin lo jatuh hati. Kebetulan, September 2017 lalu, .Feast baru aja merilis album mereka yang berjudul Multiverses.

 

Efek Rumah Kaca, Kelompok Penerbang Roket, dan .Feast cuma beberapa dari deretan panjang band indie Indonesia yang mengangkat masalah sosial dalam lirik lagunya. But don’t close your eyes, because there are thousands of them out there! Selain itu, tema yang diangkat oleh band indie Indonesia lainnya juga beragam. Jadi, nggak cuma tentang sosial. Permasalahan lingkungan, kehidupan, dan pastinya romansa (direct ke artikel lagu indie http://www.urbangigs.id/article/lantunan-romansa-dalam-lagu-indie-dari-mocca-x-payung-teduh) juga ada!

SHARE THIS AWESOMENESS!!