logo
logo

Setuju nggak sih kalau dua hal yang berbeda udah pasti nggak bisa disatuin? Yep, yang masih berpikiran kayak gitu, kayaknya belum pernah cobain enaknya hasil campuran dari tren makanan fusion. Eits, tapi bukan cuma makanan aja yang bisa dicampur jadi lebih enak! Fusion antara dua atau lebih jenis musik juga bisa jadi sajian baru yang berkualitas! Here, go check your menu, because the good fusions of music, served below!

 

http://www.rebeccamcdonald.eu/tunng-music-video/

 

1. Folktronica

 

Pernah ngebayangin gimana serunya campuran dance music dan folk? Mungkin, lo belum pernah cobain denger folktronica. Kalau ngomong soal umur, folktronica masih bisa dibilang jenis musik pendatang baru. Namanya sendiri, baru disebut-sebut di awal tahun 2000-an, saat British press berusaha untuk deskripsiin campuran elemen antara elektronika, folk akustik, jazz, psikedelik, dan hip-hop instrumental.

Walau bisa dibilang penemuan baru, nggak sedikit pemusik yang memilih folktronica sebagai jenis musik mereka. Misalnya, band asal Inggris, Tunng, yang berhasil bikin takjub dengan instrument musik nggak terduga kayak cangkang kerang. Kalau pengen coba denger folktronica, menurut The Sunday Times Culture’s Encyclopedia, album yang perlu lo dengerin dari genre ini misalnya Pause dari Four Tet, Mother’s Daughter and Other Songs dari Tunng, atau The Milk of Human Kindness dari Caribou’s.

 

Image Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Horse_the_Band

 

2. Nintendocore

 

Who don’t like Nintendo? Mainan yang satu ini emang membekas di masa kecil setiap orang pada masanya. Nggak cuma sekadar membekas, Nintendo juga berhasil ninggalin pengaruh buat kehidupan, contohnya adalah dengan lahirnya Nintendocore. Jenis musik yang punya karakter keras dengan melodi 8-bit dan screamed vocals ini emang punya banyak nama, misalnya Nintendo rock, nerd core, dan juga video game rock.

Meskipun namanya banyak, intinya nintendocore ini jadi definisi luas dari campuran chiptune dan musik video game dengan sisipan bermacam gaya modern rock yang agresif. Nama-nama yang sering disebut menduduki jajaran nontendocore ini misalnya Horse the Band, The Advantage, dan juga Minibosses.

 

Image Source: https://i.ytimg.com/vi/jIcxGcmMrr8/maxresdefault.jpg

 

3. Medieval Rock

 

Kombinasi megahnya musik abad pertengahan dengan sentuhan rock bukan barang baru dalam dunia musik. Hasil perkawinannya bahkan udah ada sejak tahun 1990-an di Jerman dan dikenal orang dengan nama medieval rock. Elemen yang digunakan dalam musik ini juga beragam, mulai dari renaissance, baroque music, dan juga medieval itu sendiri. Jenis musik yang satu ini juga dikenal sebagai hasil perkembangan antara neo-medieval folk dan diperluas dengan elemen hard rock dan folk rock. Nah, biar unsur medieval-nya masih terasa, band-band yang mengangkat medieval rock ini malah sering menggunakan kostum ala-ala abad pertengahan saat beraksi. Wuih, totalitas, ya!

 

Image Source: https://www.flickr.com/photos/78351530@N08/7567685562/in/photostream/

 

4. Vegan straight edge

 

Beda jauh sama aliran musik lainnya yang gabungin dua atau lebih jenis musik, vegan straight edge punya resep campurannya sendiri. Yep, nggak tanggung-tanggung, musik yang satu ini menggabungkan hardcore punk dengan gaya hidup vegan dan drug-free lifestyle! Kalau dari segi musik, mungkin nggak banyak yang berubah dari fusion ini. Begitu juga dengan lirik, kalau biasanya hardcore punk membawakan cerita dan kritik sosial, vegan straight edge juga sibuk mengkampanyekan tema-tema kekerasan pada hewan dan hidup bersih alias clean living. Sangar, ya!

Fusion apik dari dua atau lebih hal yang keren nggak cuma bisa lo dengerin dari jenis musik di atas. Silampukau dan The Hydrant, misalnya, berhasil bikin fusion dari masing-masing jenis musik mereka, yakni folk dan rockabilly! Hasil campuran ini bahkan berhasil bikin suasana di Artotel Week yang bertempat di Gedung Cipta Niaga, Kota Tua, Jakarta 11 November lalu jadi meriah. Bukan cuma disajikan fusion musik asik dari Silampukau x The Hydrant, pengunjung Artotel Week kemarin juga ikutan art talk, workshop, dan ngobrol bareng seniman-seniman keren Indonesia. Lihat keseruannya di video berikut!

SHARE THIS AWESOMENESS!!