logo

Video musik jadi barang yang cukup berharga buat band indie. Salah satu penyebabnya adalah cukup besarnya biaya produksi buat menghasilkan sebuah klip bagi seluruh lagu mereka. Namun, dengan berbagai cara, video musik dari berbagai band indie Indonesia sekarang udah banyak menarik perhatian dengan karya yang akan bikin lo kasih banyak jempol buat hasilnya. As a start for your journey through videos in the Indonesian music scene, scroll down to find one of your favorite!

 

 

1. Bedchamber - Perennial

Liburan semester kabarnya jadi momen yang dimanfaatkan sama Bedchamber untuk susah payah menggarap album Perennial. Di dalamnya, ada 5 lagu yang terpengaruh oleh berbagai aliran musik, misalnya post-punk dan beach rock. Ratta (vokal/gitar), Abi (gitar), Smita (bass) dan Ariel (drum), akhirnya memilih Perennial sebagai lagu yang dibuatkan video musik terlebih dahulu.

Portland, salah satu kota di Amerika Serikat, jadi tempat yang dipilih oleh Bedchamber sebagai tempat buat mengambil gambar. Sesuai dengan lagu mereka yang bernuansa dreamy, video-nya juga kasih gambaran yang serupa. Dalam video ini, Bedchamber bekerja sama dengan Omaz Prazhari buat menampilkan gambaran dua anak muda yang “hangout” bersama di jalanan Portland. Sesekali, muncul tulisan layaknya deskripsi di film-film berisi selipan jokes seperti “[black metal logo]” dan “[greetings, grave experts]” yang bikin video ini jadi lebih renyah.

 

 

2. Barefood - Candy

Candy bukan video musik pertama yang diluncurkan sama Barefood, sebelumnya lagu Teenage Daydream dari EP mereka, Sullen, sudah lebih dulu dilahirkan. EP mereka ini, bikin Barefood sukses menggaet penggemar. Bahkan, rilisan mereka jadi bagian dari album yang cukup dicari dan kini masuk ke daftar rilisan kategori mahal.

Masuk ke karya selanjutnya, Ditto Pradwito (gitar-vocal) dan Rachmad Triyadi (bass-vocal) menggebrak lagi dengan album mereka, Milkbox, yang dirilis 27 Februari tahun 2017 lalu. Band dengan aliran alternative rock ini pun memilih Candy, sebagai lagu yang dibuatkan video musik, bekerja sama dengan Adhyatmika. Sama dengan judul lagunya yang manis, nuansa manis juga ditunjukkan sama Barefood di clip Candy.

 

 

3. Polka Wars - Rangkum

 

Setelah memancing perhatian dengan album debut mereka, Axis Mundi, band indie Polka Wars punya cara jitu buat melakukannya lagi. Bedanya, kali ini mereka memancing perhatian dengan video musik dari lagu Rangkum. Track andalan dari album EP NY yang direkam di New York ini bukan cuma punya visual yang bikin lo kagum. Tapi, gambarnya yang estetik dan alur cerita yang ternyata punya twist mengecoh ini juga akan bikin lo betah nonton selama durasi empat menit-an. Ditambah lagi, tema yang bisa dibilang cukup kontroversial juga bikin orang-orang melirik video ini.

Ngomong soal lagu Rangkum itu sendiri, sebenarnya cukup menarik. Nggak banyak lho band yang biasa membawakan lagu-lagu berbahasa Inggris bisa menyanyikan lagu berbahasa Indonesia dengan keberhasilan yang sama. Di lagu ini, Karaeng Adjie (vokal, gitar), Billy Aulia Saleh (gitar), Xandega Tahajuansya (bass), dan Giovanni Rahmadeva (drummer) sukses bikin Rangkum nggak cheesy dan bisa mengantarkan pesannya dengan baik. 

 

 

 

4. Reality Club

 

Berhasil ngerebut hati pendengar lewat Elastic Heart, Reality Club jadi salah satu band yang ramai ditonton akhir-akhir ini. Selain itu, masih ada beberapa lagu yang menarik perhatian, salah satunya yang punya judul sama dengan album, yakni “Never Get Better”. Lagunya asik, ditambah dengan uniknya video musik yang sayang banget buat lo lewatkan.

Video musik dari lagu “Never Get Better” sendiri bisa dibilang cukup unik. Konsepnya simple, tapi tetap eyecatchy. Dengan background putih, gambaran nonstop personel Reality Club, Fathia Izzati (vocal), Faiz Novascotia (gitar-vocal), Era Patigo (drum), Nugi Wicaksono (bass)  dan Iqbal Anggakusumah (gitar) menari bebas sampai akhir dengan cara berpakaian yang unik. Videonya sendiri, disutradarai oleh salah satu Youtuber Indonesia, Agung Hapsah.

Masih banyak video musik lainnya yang juga sama asiknya kayak rekomendasi Generation-G tadi. Now, let’s go fast and straight to find your favorite!

SHARE THIS AWESOMENESS!!