Generation-G, pernah dengar nama Ørjan Nilsen? Jangan ngaku pencinta musik trance kalau belum tahu DJ yang satu ini, deh! Soalnya, Nilsen udah berkiprah di dunia EDM dengan menjadi DJ dan trance producer sejak tahun 2004 silam.

Nilsen merupakan DJ yang berasal dari Kirkenes, Norwegia. Musisi kelahiran 14 Juni 1982 ini ternyata udah nunjukkin bakat bermusiknya sejak masih kecil banget, lho! Bayangin aja, saat umurnya baru berusia satu tahun, Nilsen senang memukul-mukul drum set. Nilsen pun terus diajari bermain drum oleh ayah dan kakak laki-lakinya sampai berusia sembilan tahun.

Kecintaan Nilsen terhadap musik bukan cuma disalurkan melalui drum. DJ yang satu ini juga berlatih keyboard setiap hari sejak mendapat alat musik ini saat masih berusia tujuh tahun. Kemudian, di usia 16 tahun, Nilsen mendapat synthesizer dan mendalami minatnya terhadap musik trance. Hebatnya, Nilsen memelajari sendiri cara mengatur drum, bassline, melody, string, dan chord pada synthesizer miliknya ini.

Nah, tahun 2004 bisa dibilang merupakan tahun di mana jejak karier Nilsen dimulai. Membuat unofficial remix dan musik produksi sendiri, Nilsen banyak mendapat perhatian pencinta trance dalam komunitas trance.nu. Nggak cepat puas dengan kemampuannya, Nilsen merilis lagu pertamanya yang berjudul ‘Red Woods’ pada September 2005.

Nggak disangka, musik yang dibawain oleh Nilsen banyak dimainin di seluruh dunia. Bahkan, sempat dimainin oleh beberapa DJ besar dunia seperti Armin van Buuren, Tiësto, Paul van Dyk, dan Ferry Corsten. Tahun berikutnya, Nilsen juga merilis signed vinyl pertamanya, yaitu ‘Arctic Globe/Prison Break’ melalui Intuition Recordings. ‘Arctic Globe’ ini sempat terpilih menduduki posisi pertama dalam Dutch Dance Charts, lho!

Loe salah besar kalau nyangka Nilsen nggak punya prestasi yang pantas dibanggain, Generation-G! Di tahun 2012 aja, Nilsen masuk melalui posisi ke-32 dalam daftar Top 100 DJs dari DJ Mag. Di samping itu, namanya juga dinominasiin untuk penghargaan Best Breakthrough DJ oleh IDMA. Nilsen juga sempat berada di posisi ke-49 dalam daftar Top 100 DJs dari DJ Mag pada tahun 2013 dan sempat berada di posisi ke-79 dalam daftar Top 100 DJs dari DJ Mag pada tahun 2014.

Setuju, kan, kalau DJ yang satu ini emang berbakat dan berprestasi? Daripada makin penasaran, langsung lihat performance Ørjan Nilsen di SHVR Ground Festival 2017 tanggal 13 Mei 2017 mendatang, deh!

 

(Cover Photo: www.kvarnernews.hr)

 

Tags :
  • DJ
  • ,
  • EDM
  • ,
  • EDM Musician
  • ,
  • Ørjan Nilsen
  • ,
  • SHVR Ground Festival
  • ,