logo

Menjelang ujian, banyak banget hal yang mesti dipersiapkan. Mulai dari mental sampai dengan fisik lo, semuanya harus lo perhatikan karena saling berkaitan. FYI, seperti spanduk yang sering muncul saat ibu-ibu dan bapak-bapak komplek lagi senam yakni “men sana in corpore sano”, buat dapetin mental yang kuat diperlukan tubuh yang kuat juga. Tips hidup sehat berikut ini bisa lo terapin nih untuk kualitas hidup lebih baik pas lagi ujian! Nggak mau kan saat genting kayak gini malah jadi sakit?

 

 

1. Nggak jadi zombie dengan menerapkan waktu tidur cukup

 

Durasi tidur normal yang masih tergolong oke itu antara enam sampai delapan jam. Menurut National Sleep Foundation di Amerika Serikat, tujuh jam tuh ideal banget. Intinya, pastikan lo punya waktu tidur yang cukup setiap harinya. Cukup di sini, maksudnya nggak kurang atau lebih. Soalnya, tidur kelamaan juga bisa bikin lo jadi zombie berjalan karena lemas. Sebaliknya, kalau kurang tidur, lo juga jadi lebih mudah ngantuk saat beraktivitas dan susah buat fokus atau  konsentrasi.

Mulai sekarang, lo bisa atur waktu tidur. Buat diri lo senyaman mungkin menjelang waktu tidur dengan melakukan ritual khusus dari tips hidup sehat seperti olahraga ringan dengan peregangan otot atau minum teh chamomile. Satu nih yang paling penting, tiap kali mau tidur, simpan gadget lo jauh-jauh biar lebih gampang terlelap.

 

 

2. Makanan Sehat

 

Makanan yang lo makan sudah seharusnya bukan hanya sekadar ngenyangin perut aja. Asupan nutrisi yang berasal dari makanan juga perlu diperhatiin. Nutrisi yang tercukupi dengan baik bisa ningkatin kecerdasan otak sekaligus menjaga tubuh dari ancaman berbagai penyakit. Say yes to healthy food! Terutama ketika lo akan menghadapi ujian yang nuntut otak dipakai buat berpikir keras.

Tips hidup sehat paling sepele tapi crucial adalah utamain sarapan terlebih dahulu di pagi hari. Sesibuk apapun lo, isi amunisi itu penting buat bekal menghadapi hari. Lo bisa pilih makanan berserat sebagai menu sarapan praktis seperti roti gandum, sereal atau oatmeal. Jangan lupa tambahin selai buah asli atau potongan buah biar lebih segar. Buat mengontrol asupan gizi lo, gak ada salahnya juga kan lo bisa biasain bawa bekal dari rumah?

 

 

3. Banyak minum air putih

 

Stress waktu menghadapi ujian biasanya sering bikin lo lupa minum. Jangan sampai lo dehidrasi dan bikin konsentrasi jadi menurun. Usahakan kebutuhan tubuh lo akan air putih tercukupi. Dengan banyak minum air putih, selain buat jaga keseimbangan cairan dalam tubuh, juga salah satu tips hidup sehat supaya peredaran darah lancar sekaligus bisa menjaga fungsi ginjal. Yang paling penting, fungsi otak jadi meningkat karena banyaknya oksigen yang dibawa ke tubuh.

Keren juga kan manfaat air putih! Masih mau nunda minum air putih? Jangan deh. Tapi ingat, jangan sampai over, secukupnya aja. Cara mengakali supaya waktu minum teratur bisa dengan lo bawa botol minum di mana pun lo berada. Terutama pada aktivitas yang memerlukan banyak minum seperti pas olahraga.

 

 

4. Olahraga Teratur

 

Demi menjaga pola hidup aktif, olahraga rutin itu perlu dilakukan. Bukan rahasia lagi kalo olahraga punya segudang manfaat untuk kesehatan. Selain sehat, olahraga bisa bikin tubuh lo bugar seperti melancarkan metabolisme tubuh yang bikin lo nggak mudah capek atau gampang sakit. Aktivitas fisik bisa bantu lo terhindar dari pikiran negatif. Secara bersamaan, olahraga bisa merangsang produksi hormon endorfin yang bikin lo lebih rileks dan optimis. Tubuh yang bugar juga bisa bikin lo sportif dan gampang berpikiran positif.

Nggak sempat olahraga karena banyak yang harus dipelajari? Take a shortcut! Coba aja ganti pilihan naik bis kampus dengan jalan kaki. Bisa juga, manfaatkan waktu naik tangga baik di rumah maupun di kampus sebagai workout harian lo.

 

 

5. Pikiran Positif

 

Keep yourself less stress. Setelah sudah mengupayakan fisik dalam kondisi terbaik, now it’s the time to deal with your mind. Karena segala sesuatu berasal dari pikiran kita sendiri, ajak diri lo buat selalu berpikir positif di setiap situasi. Caranya dengan membuka pikiran, lo bisa melihat sesuatu dari berbagai arah dan malah lari ke pemikiran negatif. Tips hidup sehat ini harus lo tanamkan di diri lo. Apalagi saat menghadapi ujian yang bisa datengin stres ke diri lo kapan aja. Cari motivasi dari mana pun supaya lo lebih semangat ngejalanin berbagai aktivitas di kehidupan lo atau sesekali coba cari tempat nugas yang beda kayak biasanya di beberapa cafe di Jakarta.

Gak susah kan buat ngejalanin tips di atas? Buat lo yang pengen dapetin tips dan inspirasi lifestyle lainya, klik di sini, ya!

SHARE THIS AWESOMENESS!!