logo

Buat live life to the fullest, nggak semua orang punya jalan yang mulus. Mau traveling susah dapat tiket murah atau rela nggak nonton konser band favorit gara-gara uangnya kurang, udah biasa tuh di antara anak muda. Lebih-lebih, buat yang masih duduk di bangku kuliah dan memang nggak bisa dapat pekerjaan tetap. Sedih, ya!

Untungnya, perubahan zaman udah kasih kesempatan lo buat nikmatin hidup dengan lebih seru! Coba deh terjun ke dunia bisnis! Ide-ide berikut bisa jadi langkah awal lo buat dapat kesempatan lebih!

 

 

1. Custom Things

Kelebihan lo dalam dunia kreatif patut banget buat diberdayakan. Terutama buat yang punya tangan-tangan emas dalam mengerjakan artwork atau karya yang bermanfaat. Langkah awalnya, coba aja untuk sering-sering cari referensi tentang DIY (Do It Yourself) di internet maupun media sosial buat jadi ide bisnis untuk pemula pertama lo.

Kelebihan dari custom things ini adalah lo hanya perlu beli sumber daya saat ada pesanan. Jadi, nggak akan ada hasil produksi yang terjual percuma. Selera pasar juga udah ketahuan, soalnya para pembeli akan kasih referensi tentang apa yang mereka inginkan. Jadi, kalau udah nemu custom things yang cocok dan punya pasarnya tersendiri, coba deh untuk menjualnya. Nggak perlu buka lapak offline dulu, media sosial aja udah cukup. Pastikan media sosial jualan lo sesuai sama citra custom things yang lo buat.

 

 

2. Preloved Items

Hobi lo mondar-mandir di thrft shop kini saatnya diapresiasi. Bukan lagi cuma buat kesenangan sendiri, kali ini lo bisa menciptakan sesuatu yang menghasilkan dengan jadi reseller. Selain modal bisnis untuk pemula ini nggak banyak dan nggak akan menguras kantong, kelebihan barangnya juga bisa lo pakai sendiri, kan?

Buat anak muda, thrift shop emang punya pasar yang besar. Selain pengen gaya dengan harga murah, nggak sedikit loh mereka yang cukup segan ngaku beli barang di thrift shop! Belum lagi buat yang jadwal kuliahnya terlalu padat atau cuma nggak berani nawar. Di sinilah lo bisa ambil celah dan mengubahnya jadi jalan lo! Buat jualannya, lo bisa manfaatin media sosial juga atau bikin website sendiri.

 

 

3. Jasa Titip

Hobi jalan-jalan tapi langsung bokek kemudian? Tenang, banyak cara yang bisa dilakukan buat tetap bisa traveling tanpa perlu takut kehabisan uang. Salah satunya adalah dengan membuka jasa titip atau yang paling sering disebut jastip. Sama kayak ide bisnis untuk pemula di atas, modal bukan masalah buat menjalankan jastip ini. Justru, uang akan ditransfer duluan ke rekening lo dan lo pun dapat komisi untuk jasa pembelian barang.

Hasilnya juga lumayan, kok! Dalam satu barang yang dibeli, lo bisa menentukan sendiri harga jasa penitipan barangnya. Bahkan, kalau lo jalan-jalan ke tempat yang cukup banyak peminatnya, bisa cukup untuk bayar tiket pulang pergi, lho!

 

 

4. E-Commerce Buyer

Nggak jauh beda sama jastip, e-commerce buyer juga merupakan ide yang menawarkan jasa. Bedanya, jasa yang lo berikan adalah perantara untuk pembelian barang online seperti di e-Bay atau Amazone. Modalnya, cukup dengan akun pembayaran online dan tahu kurs mata uang yang sedang berlaku. Namanya juga masa transisi, walau udah banyak yang bisa melakukan transaksi online, masih ada kok yang belum tahu caranya beli barang online dari e-commerce luar negeri!

Buat jadi e-commerce buyer, ada banyak hal yang perlu lo perhatikan biar bisnis berjalan lancar dan aman. Pertama, lo perlu cari tahu tentang distributornya. Setelah itu, kalau distributornya baru dan lo belum kenal betul, coba untuk menahan pembayaran atau menggunakan rekening bersama sampai customer lo menerima barangnya.

 

Walau judulnya bisnis untuk pemula, tapi bukan berarti lo nggak sungguh-sungguh dan selalu maklum sama kesalahan, ya! Ingat, usaha nggak pernah mengkhianati hasil. Semangat!

SHARE THIS AWESOMENESS!!