logo

Waktu luang bisa dibilang hal yang cukup mahal buat mahasiswa. Rentetan kelas, tugas, dan upaya lainnya untuk menunjang akademik udah jadi konsumsi harian yang harus lo lakukan. Makanya, pekerjaan sampingan yang pas buat mahasiswa harus punya satu kriteria penting, yaitu waktu yang fleksibel alias bisa dilakukan kapan aja! Simak inspirasi pekerjaan sampingan berikut, ya!

 

Img source: unsplash.com

 

1.       Book Hunter!

Kalo lo adalah salah satu bibliophile alias pencinta buku, kesukaan ini bisa jadi pekerjaan sampingan dan  kunci mendapatkan uang. Yep, buku udah jadi kebutuhan pokok buat lo dan temen-temen kuliah. Tapi, nggak semua orang tahu di mana cari buku dengan harga miring atau bahkan nggak sempet untuk mencarinya. Belum lagi, pasti ada juga di antara teman-teman lo yang nggak begitu suka ke toko buku. Di sinilah celahnya, lo bisa jadi book hunter buat mereka yang membutuhkan.

 

Img source: unsplash.com

 

2.       Peneliti

Menjadi bagian dari penelitian bukan cuma pekerjaan sampingan yang nambah pengetahuan lo, tapi juga pundi-pundi uang jajan. Memang nggak semua penelitian bisa kasih timbal balik berupa dana, sih. Jadi, lo hanya perlu menentukan prioritas saat milih penelitian yang disodorkan dan memilih sesuai kebutuhan. Penyelenggara penilitian ini juga beragam. Bisa jadi lembaga pemerintahan, perusahaan swasta, atau lembaga survey. Tapi, bukan berarti saat ditawari buat jadi bagian dari penelitian langsung lo lakukan dengan mudah, ya! Penting banget lho untuk mencari penelitian yang nantinya akan menunjang pendidikan lo selain terpercaya dalam hal pembayarannya!

 

Img source: unsplash.com

 

3.       Event Organizer

Selain tempat belajar, kampus juga jadi sarana yang pas buat lo berkembang. Salah satunya adalah dengan terjun dan jadi bagian dari event-event yang diselenggarakan kampus. Banyak lho event kampus yang ternyata keren! Lagi-lagi, nggak semua event memberikan timbal balik buat pekerjaanya, tapi lo bisa milih sesuai prioritas, kok! Kalau pengen timbal baliknya berupa uang jajan, maka lo bisa pilih event dengan sistem bagi hasil atau “paid event”. Pastikan bertanya dulu sebelum memutuskan buat ikutan, ya!

Selain uang saku yang nambah, keuntungan lainnya dari ikutan jadi event organizer sebagai pekerjaan sampingan ini adalah lo bisa memperluas koneksi karena ketemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda. Selain itu, kemampuan lo dalam berorganisasi dan pegang tanggung jawab dalam event itu juga terlatih. Nantinya, latar belakang lo pernah ikut jadi salah satu event organizer bisa jadi tambahan nilai buat di masa kerja. 

 

Img source: unsplash.com

 

4.       Creativepreneur

Bayangin udah punya usaha sendiri di usia muda! Pasti keren, kan? Selain jam kerja yang fleksibel dan cocok dilakukan sebagai pekerjaan sampingan, membuka usaha juga ngasih keuntungan yang nggak terhingga buat lo. Mulai deh dengan menemukan hal kreatif yang bisa lo lakukan. Setelah itu, mulai untuk memasarkan hasil kreasi lo ini mulai dari teman-teman terlebih dahulu. It’s never too early to start a business, right?

 

Nggak perlu takut menyandang gelar pemula. Banyak lho creativepreneur yang  bisa sukses padahal masih muda! Kalo lo udah punya niat untuk mulai, cek inspirasi bisnis yang pas buat lo di sini, ya! (Direct ke artikel Bisnis untuk Pemula)

SHARE THIS AWESOMENESS!!