Kreativitas anak muda Indonesia memang nggak ada matinya. Salah satu contohnya bisa loe lihat dari kelahiran grup akustik pop/ballad asal Bandung bernama Parahyena. Grup ini ternyata lahir secara nggak sengaja, lho, Generation-G!

Awalnya, personil Parahyena hanyalah berteman di salah satu kampus di Bandung. Sering melakukan aktivitas alam terbuka secara bersama-sama kemudian memunculkan ide untuk mendirikan band dengan format akustik yang sederhana dan menyenangkan. Sampai akhirnya, Parahyena resmi berdiri pada 11 Juli 2014.

Parahyena dijalankan oleh enam orang personil. Grup ini terdiri dari Sendy (vokal dan guitalele), Radi Tajul Arifin (gitar, vokal latar), Saipul Anwar (contrabass), Cep Iman (violin), Fajar Aditya (cajon), dan Hendri ‘Ekek’ (bangsing). Parahyena ternyata banyak mendapat inspirasi dari karya musisi Indonesia, lho, Generation-G! Misalnya, Netral, Sweaty Family, Bing Slamet, R. Azmi, Gamelan, dan Mr. Sonjaya.

Sebenarnya, nama awal band ini adalah ‘Cucu & The Tangkal Nangka’. Saat itu, Cucu & The Tangkal Nangka memiliki jargon ‘Parahyena penghilang duka lara’. Namun, akhirnya nama band ini diganti menjadi ‘Parahyena’ yang berarti kawanan hyena. Hewan ini dipilih karena hyena punya kebiasaan menyantap bangkai bekas kelompok singa di savana. Hal ini menggambarkan Parahyena yang ingin memberdayakan hal-hal yang seringkali dianggap basi.

Parahyena memiliki keinginan untuk menyajikan musik yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Musik yang dibawakan menggunakan idiom seni tradisi atau musik rakyat, tetapi dikemas dengan gaya Parahyena sendiri. Parahyena juga ingin mengajak pendengarnya untuk bernyanyi sekaligus menari dengan musik mereka.

Nah, Parahyena udah mengeluarkan beberapa single saat ini. Single mereka yang wajib loe dengar adalah ‘Penari’. Lagu ini menceritakan daya tarik visual seniman tari dengan alunan gerak, kerlingan mata, dan lentik jemarinya.

Parahyena telah menjalankan program yang cukup unik, lho, Generation-G! Program bernama ‘Tur Pedesaan’ ini membawa Parahyena perform di Kecamatan Rancakendal, Rancaekek, Kabupaten Bandung pada Agustus-September 2015 lalu. Ke depannya, Parahyena berencana mengadakan tur provinsi dan bahkan tur nasional.

Coba dengerin lagunya, deh, Generation-G! Habis itu, loe bakal berharap Parahyena secepatnya bikin tur nasional.

 

(Cover Photo: stereosnapid.com)

Tags :
  • Parahyena
  • ,
  • Indie Band
  • ,
  • Band Lokal
  • ,
  • Band Akustik
  • ,