16
Jul ' 18
img
ohmyggoods
Udah Tahu 5 Fakta Soal Vintage Style Ini?
Author: GENERATION-G

There’s no rules when it comes to fashion. Lo bisa pakai apapun yang diinginkan buat ekspresiin gaya sendiri. Dari berbagai ekspresi orang lewat fashion mulai dari gaya casual, modern chic, grunge, atau urban, banyak juga dari mereka yang milih jalan klasik dengan jadiin vintage style buat jadi tema berpakaian. Gaya yang bisa dibilang “diimpor” dari masa lalu ini punya sejarah panjang dan alasan sampai bisa terus eksis hingga sekarang. Scroll ke bawah yuk buat cari tahu fakta-fakta penting soal style yang satu ini!

 

 

1. Sebagian besar orang suka pakai barang secondhand

 

Setiap hari ada jutaan baju baru diproduksi. Lalu, ada aja masanya seseorang punya banyak alasan buat buang baju yang dia punya. Ujungnya, pakaian itu bakalan berjejer di pasar loak atau jadi bagian dari barang donasi. Kebayang dong berapa banyak barang fashion yang masuk kategori bekas di dunia setiap harinya? Untungnya, nggak sedikit juga baju bekas yang bisa dipakai lagi. Ada yang langsung pakai dengan kondisi aslinya, ada juga yang kasih sedikit modifikasi biar kelihatan lebih asik.

Suka banget sama vintage style yang bisa lo dapat dari baju-baju secondhand? Lo nggak sendirian, kok! Faktanya, menurut buku Sustainable Textiles: Life Cycle and Environmental Impact, lebih dari 70 persen populasi di dunia ini menggunakan baju bekas! Banyak, ya!

 

 

2. Vintage nggak berarti retro atau antik.

 

Tahu nggak sih kalau rata-rata sebuah baju bisa dibilang layak pakai hanya tiga tahun? Tapi, nggak menutup kemungkinan lo bisa nemu baju-baju jadul alias jaman dulu yang udah berumur puluhan tahun. Jaket turunan dari kakek atau bokap lo, misalnya, ada aja yang masih bisa dipakai sampai sekarang, kan? Nah, pakaian dengan model jaman dulu ini kadang suka disebut dengan nama yang berbeda. Vintage style, retro, atau bahkan antik. Padahal, ketiga istilah itu punya arti yang berbeda, lho!

Biar gampang ingatnya, diurutkan berdasarkan waktu, deh! Baju-baju yang berasal dari sebelum tahun 1920-an disebut sebagai antique clothing alias baju antik. Agak lebih muda dari antik, yakni vintage style adalah yang muncul antara tahun 1920-an sampai 20 tahun sebelum masa sekarang. Terakhir, retro, cuma istilah buat nunjukin gaya yang sengaja atau nggak sengaja dimiripkan sama gaya fashion item zaman dulu, tapi bisa aja baru dibuat sekarang.

 

 

3. Termasuk ramah lingkungan

 

Sekilas, beli baju baru kasih lo banyak keuntungan. Selain produknya yang masih bagus, modelnya yang up to date juga bikin lo jadi kekinian! Tapi, bukan berarti nggak ada keuntungan dari bergaya pake vintage style, terutama buat yang peduli lingkungan.

Dengan banyaknya produksi pakaian baru, udah pasti sumber daya yang dihabiskan juga banyak. Selain itu, di Amerika Serikat sendiri, setiap tahunnya ada lebih dari 13 juta ton sampah tekstil. Jadi, sesekali beli barang-barang secondhand malah bisa bantu bumi lebih bebas sampah.

 

 

4. Vintage nggak selalu identik sama thrift shop

 

Vintage style sama thrift shop jadi dua hal yang susah banget dipisahin. Kalau mau cari barang jadul tapi keren, pikiran lo otomatis bakalan mengarah ke toko-toko atau pasar barang bekas. Yep, bener banget kalau thrift shop bisa jadi surga dunia buat belanja.

Faktanya, barang vintage emang bisa ditemukan di toko barang bekas. Tapi, nggak semua barang di sana bisa dibilang vintage, karena mungkin aja barang itu nggak berumur lebih dari 20 tahun atau cukup bersejarah buat dikasih label seperti itu. Jadi, bisa bedain, kan?

 

 

5. Size berubah dari masa ke masa

 

Pernah nemu barang vintage style yang nggak cocok ukurannya sama badan padahal nomor bajunya udah sesuai sama yang biasa lo pakai? Sering, lah! Nggak perlu heran, Generation-G! Walaupun ukuran baju kelihatannya sama aja, faktanya ada perubahan. Jadi, sehubungan dengan ukuran tubuh manusia yang makin membesar, makanya nggak heran di dunia produksi tekstil juga ada perubahan. Belum lagi, baju model jaman dahulu suka dilengkapi dengan fungsi-fungsi khusus buat menunjang tubuh, misalnya space buat korset di baju cewek atau cowok.

Jadi tahu kan kalau vintage style nggak cuma sekadar gaya berpakaian aja tapi juga bisa bantu menjaga lingkungan dan juga punya nilai sejarah? Now, go grab your items and the classic look on you!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

ohmyggoods

Ornamen Seru Ini Bikin Desain Jaket Makin Keren!
Bikin jaket jadi makin seru!
Read More

ohmyggoods

5 Model Baju Terkini yang Lagi Hype
Pilihan asik di 2018
Read More

ohmyggoods

Suka Seni? Koleksi Sepatu Ini Pas Buat Lo!
Sepatu keren buat lo yang art banget
Read More

ohmyggoods

Gambar Kaos Musisi yang Bisa Lo Tiru
Kaos bukan sekadar kaos
Read More