16
Apr ' 18
img
ohmyggoods
Perhatikan 5 Hal Ini Kalo Nggak Mau Sepatu Bahan Suede Lo Rusak
Author: GENERATION-G

Up for something sleek and clean? Suede shoes emang bisa jadi pilihan tepat buat gaya manly lo! Bukan cuma model atau desain yang formal misalnya slip on atau loafers, bahan suede udah banyak dipakai untuk berbagai jenis sepatu, misalnya boots atau outdoor shoes. Sayangnya, di balik manfaatnya yang bikin kegantengan lo ke-boost sampai titik maksimal, sepatu dengan bahan suede emang butuh lebih sedikit effort di bagian perawatan. Mau tahu apa aja yang perlu lakukan buah sepatu berbahan suede kesayangan lo? Simak ulasannya berikut, ya!

 

Image: www.pixabay.com
 

1. Lindungi dengan spray atau wax

Cara mencegah sepatu dengan bahan suede lo jadi cepat usang atau rusak adalah dengan kasih tindakan pencegahan. Soalnya, salah satu musuh terbesar jenis bahan ini adalah air! Nggak perlu takut sedikit becek-becekan, asal lo udah kasih perlindungan yang tepat yakni menggunakan spray khusus atau wax pelindung.

Memilih wax atau spray-nya sendiri juga bukan sembarangan. Mulailah dengan cari bahan wax yang menjamin kalau kulit sepatu lo masih bisa bernapas. Aplikasinya bisa menggunakan lap, sehingga bisa lebih rata. Nah, untuk memilih spray, lo bisa pilih yang menggunakan nanopartikel, jadi nggak akan menyumbat pori-pori dari kulit suede sepatu lo. Jangan lupa, perawatan seperti ini bukan berarti cuma sekali dilakukan. Pastikan lo melakukan perawatan ini minimal enam bulan sekali, ya!

 

Image: pixabay.com
 

2. Bersihkan noda dengan spot treatment

Nggak sengaja kena noda misalnya tanah atau percikan kopi? Kalau nodanya nggak terlalu besar, lo nggak perlu langsung cuci keseluruhan sepatunya tapi cukup melakukan spot treatment. Sebab, lagi-lagi bahan suede nggak terlalu ramah sama air. Buat melakukan spot treatment ini, lo bisa menggunakan sikat gigi bekas yang masih layak pakai dan detergen lembut, misalnya yang digunakan untuk pakaian bayi. 

 

Image: www.unsplash.com

 

3. Keringkan dengan alami

Pengering mesin cuci dan hairdryer memang bisa bantu lo buat dapat sepatu kering lebih cepat. Tapi, siap-siap dengan akibatnya, yakni sepatu bahan suede milik lo akan jadi lebih cepat rusak! So, don’t buy the risk! Buat sepatu ini, luangkan lebih banyak waktu saat pengeringan. Sebab, bahan kulit seperti suede ini memang butuh waktu lebih untuk benar-benar kering.

Kalau yang dikeringkan hanya area kecil akibat percikan air, lo bisa usap dengan kain lembut yang kering. Sementara itu, kalau lo mencuci semua bagian sepatu, jemur di tempat yang nggak terlalu panas dan terkena cahaya matahari langsung. Sebelumnya, masukkan kertas ke bagian dalam sepatu buat menjaga bentuknya. Kalau sudah kering, tinggal sikat bagian luar agar tampilannya kece lagi!

 

Image: www.pinterest.com

 

4. Simpan di tempat yang tepat

Cuaca juga bisa jadi salah satu masalah yang harus dihadapi sama sepatu yang dibuat dari bahan suede. Oleh sebab itu, penyimpanan yang tepat bisa jadi penolong untuk bikin umur sepatu lo lebih panjang. Terus, gimana sih cara menyimpan sepatu dengan bahan suede?

Dust bag atau tas dengan pori-pori yang cukup besar adalah jawaban yang pas. Kalau nggak ada, sarung bantal di rumah juga bisa sedikit lo “korbankan” untuk menyimpan sepatu ini. Yang perlu banget lo hindari adalah menyimpan sepatu suede di dalam plastik atau box yang nggak breathable. Terlebih dalam waktu yang cukup lama. Sebab, sepatu lo akan berakhir jamuran.

Banyak sih yang harus dilakukan untuk menyimpan bahan suede ini. Tapi, nggak sebanding lah ya sama beli sepatu baru terus-terusan dan bikin lo harus puasa jajan! Eh iya, bukan cuma sepatu suede ini aja yang perlu lo perhatikan cara perawatannya. Temukan tips lainnya di sini, yuk!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

ohmyggoods

Ornamen Seru Ini Bikin Desain Jaket Makin Keren!
Bikin jaket jadi makin seru!
Read More

ohmyggoods

5 Model Baju Terkini yang Lagi Hype
Pilihan asik di 2018
Read More

ohmyggoods

Suka Seni? Koleksi Sepatu Ini Pas Buat Lo!
Sepatu keren buat lo yang art banget
Read More

ohmyggoods

Gambar Kaos Musisi yang Bisa Lo Tiru
Kaos bukan sekadar kaos
Read More