06
Jun ' 18
img
ohmyggoods
Merawat Jaket Kulit Ternyata Nggak Susah! Ini Caranya!
Author: GENERATION-G

Butuh nambahin kesan “macho” dan “bad boy” buat style lo? Jaket dengan bahan kulit jawabannya! Deretan fashion item bisa lo mix n match buat nambahin kesan kayak gitu, tapi ada satu yang pasti langsung bikin lo macho seketika: jaket kulit! Buat punya fashion item yang satu ini emang lumayan effort karena harganya yang cukup bikin kantong jebol. Biar lo nggak perlu sering-sering beli leather jacket yang baru karena jadi mudah rusak, perhatikan cara merawat jaket kulit ini, ya!

 

Source: www.cairoamani.com
 

1. Lindungi dengan protection spray

 

Pernah tahu gimana leather jacket lo dibuat? Jadi, kulit yang digunakan nggak langsung jadi jaket, tapi diolah dulu dengan beberapa kali proses kimia buat menghilangkan jaringannya. Kulit yang udah jadi ini, jadi mudah rusak kalau terkena air dan lembab. Oleh sebab itu, penting banget kasih perlindungan dengan spray khusus biar tahan air dan nggak mudah kena noda lainnya. Protection spray ini bisa lo temukan di supermarket besar atau toko reparasi sepatu dan tas, ya!

Langkah merawat jaket kulit tadi penting banget lho, Generation-G! Melakukannya lebih awal justru jadi investasi, sebab jaket berbahan kulit langsung terlindung dari hal-hal yang bikin rusak. Sayang banget sih kalau harus beli jaket ini berkali-kali cuma karena rusak, mending uangnya buat jalan-jalan, kan?

 

Image Source: theflashboard.com

 

2. Noda? Ngapain takut!

 

Kalau jaket bahan kulit udah dilindungi sama protection spray, nggak perlu takut sama noda gara-gara kehujanan, ketumpahan minuman, ketumpahan tinta pas lagi kerja kelompok, atau jamur! Udah terlanjur kena air? Lo bisa langsung lap bagian yang basah dengan kain kering. Kalau bagian yang basahnya cukup banyak, keringkan secara natural aja, deh!

Mengembalikan jaket kulit yang kena noda tinta juga bisa dilakukan sendiri, kok! Langkah pertamanya bisa dengan hairspray punya ibu di rumah. Semprotkan aja ke bagian yang kena tinta, terus lap dengan kain bersih. Tapi, kalau nodanya cukup bandel lebih baik bawa ke tempat service khusus aja, deh! Satu lagi, kalau jamur jadi pengganggu, campurkan alkohol murni dan air dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, basahi lap dengan campuran tadi dan gosok pelan-pelan. Tinggal dikeringkan, deh!

 

Image source: ironandreshin.com
 

3. They need conditioner

 

Semua akan berumur pada waktunya, begitu juga sama jaket berbahan kulit lo. Lebih-lebih, kalau thrift shop adalah tempat menemukan fashion item yang satu ini. Pasti butuh banget perawatan ekstra, kan?

Nggak ekstra-ekstra banget, sih. Jaket dengan bahan kulit sebenarnya cuma membutuhkan satu hal, yaitu kelembaban! Ada beberapa cara merawat jaket kulit buat tetap prima dengan menjaga kelembabannya. Pertama dan paling murah adalah dengan baby oil! Lalu, ada petroleum jelly yang agak lebih padat dari baby oil. Terakhir dan yang paling pas adalah kondisioner khusus kulit. Nah, ketiga bahan ini bisa lo gunakan buat menjaga kelembaban dengan digosok menggunakan lap ke seluruh permukaan jaket.

 

Source: www.lesjumellesboutique.es

 

4. Simpan baik-baik

 

Sama halnya kayak kulit pada umunya yang nggak boleh kena matahari secar alangsung, jaket lo juga begitu. Sinar matahari akan narik kelembaban dalam kulit jaket dan bikin kering, makanya sering kali lo menemukan kulit yang pecah-pecah. Selain harus jauhan sama sinar matahari, leather jacket juga nggak boleh dilipat kayak baju lainnya. Gantung jaket biar nanti nggak kusut pas dipakai. Soalnya, lo juga nggak bisa menyeterika langsung, kan?

Sebagai langkah ekstra, saat menggantung jaket di tempat yang tertutup, beri cover dengan bahan katun. Tujuannya adalah sebagai salah satu cara merawat jaket kulit, biar debu atau jamur nggak masuk dan bersarang di pori-pori. Jangan sampai deh harus mengalami jaket kesayangan malah busuk!

Kalau udah ikutin cara di atas, lo bisa tenang pakai jaket kulit, Generation-G! Tinggal pakai kaos polos dan blue jeans, gaya casual dengan “bad boylook lo langsung on point! Coba, ya! 

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

ohmyggoods

Ornamen Seru Ini Bikin Desain Jaket Makin Keren!
Bikin jaket jadi makin seru!
Read More

ohmyggoods

5 Model Baju Terkini yang Lagi Hype
Pilihan asik di 2018
Read More

ohmyggoods

Suka Seni? Koleksi Sepatu Ini Pas Buat Lo!
Sepatu keren buat lo yang art banget
Read More

ohmyggoods

Gambar Kaos Musisi yang Bisa Lo Tiru
Kaos bukan sekadar kaos
Read More