logo

Nggak perlu banyak usaha, Kurt Cobain berhasil jadi icon buat fashion grunge style ’90-an. Selain sikap “nggak peduli” yang bikin lo bisa pakai apapun yang lo suka, grunge style juga ekonomis! Gimana nggak, lo tetep bisa ngerebut spotlight dengan cuma belanja di thrift shop! Terus, apa aja sih yang perlu lo perhatiin ketika pengen tampil dengan grunge style?

 

www.dhresource.com

1. Belel dan Oversize is a must

 

Now, go to your parent’s closet and go find your dad’s old sweater! Yoi, nggak perlu usaha banyak buat bisa dapetin baggy look dari grunge style. Walau kelihatan abis bangun tidur atau cuma main ke rumah temen, lo bisa tetep tampil keren. Barang-barang belel dan kegedean yang pernah dipake Kurt Cobain di antaranya “grandad cardigans”, sweater, dan kemeja flanel. Nggak sendirian, cardigan, sweater, dan kemeja ini kadang di-mix bareng kaos atau di-layer bareng sweater lainnya. Pokoknya, pakai aja semua yang ada di lemari, deh!

Meskipun agak kelihatan berantakan, pakai sweater atau kemeja oversize ini udah jadi ciri khas anak dengan grunge style dari masa ke masa, mulai dari tahun ‘90-an. Bahkan, gaya ini juga kelihatan banget menginspirasi Kanye West dengan Yeezy, fashion line buatannya. Satu lagi yang peling keren, “grandad cardigans” yang pernah dipake di Nirvana’s MTV Unplugged live album laku dilelang di Los Angeles dengan harga $137,500 di tahun 2015.

 

www.cottonable.com

2. Statement T-shirt

 

T-shirt lo, statement lo! Anak muda emang selalu berusaha menyuarakan pikirannya. Entah itu lewat karya, gaya hidup, atau yang paling effortless dan mudah dilihat orang misalnya dengan pakai statement t-shirt. Selain pernah terlihat pakai band tees alias kaos band, pentolan band Nirvana ini juga pernah menggunakan statement t-shirt. Banyak yang percaya, t-shirt yang dipakai Kurt Cobain mengandung retorika, selera humor, dan pesan-pesan subversifnya. Beberapa t-shirt yang pernah dia pakai misalnya bertuliskan “Kill the grateful dead” dan “Corporate Magazines Suck”.

 

www.unsplash.com

3. Ripped denim

 

Grunge style rasanya nggak bisa dipisahin dari denim. Bahkan, grunge punya pengaruh sendiri buat keberadaan denim. Penggunaan denim dengan sobekan, acid wash, dan worn out look jadi ciri khas grunge. Terus, siapa orang yang sukses bikin gaya ini ngetren? Tentu, Kurt Cobain. Dalam berbagai acara dan dalam kondisi apa aja, rasanya sulit nemuin Kurt tanpa denim baggy nan belelnya.

Satu sentuhan ripped denim yang paling memorable adalah pitchwork denim yang pernah dipakai ke MTV Awards di tahun 1992. Hasil DIY (Do It Yourself) grunge style dari celana ripped denim dengan memadukannya dengan kain bermotif ini nunjukkin banget gimana sisi estetikanya Kurt, kan?

 

www.morrisonhotelgallery.com

4. Mismatched

 

Nggak perlu lagi pusing soal mix n match isi lemari. Dengan barang yang ada, lo tetep bisa kelihatan keren. Misalnya, grunge style ala Kurt Cobain. Campuran antara tekstur dan warna yang dipadukan dengan berantakan bukan ngurangin nilai fashion lo, tapi justru kelihatan makin cool! Mismatched ini juga bukan soal tekstur, pattern, dan warna aja. Kurt Cobain juga sering mismatch penggunaan fashion item lainnya, misalnya flannel dan sweater.

 

Karena effortless-nya, grunge style ini asik banget buat lo pakai ke mana aja. Bisa ke kampus, jalan, atau bahkan bikin lo nyaman pas lagi nonton gigs! Apalagi, gigs-nya kayak Urban GiGs x Unreleased Project Roadshow di Yogyakarta bareng Kelompok Penerbang Roket x Kimokal, Jumat, 17 November 2017  . Kerennya, malam itu, Urban GiGs di Yogyakarta ini diisi sama penampilan syahdu dari Float serta Kota dan Ingatan. Mau inget lagi gimana serunya Urban GiGs di Yogyakarta malam itu? Simak video lengkapnya berikut, yuk!

Related Article

30

Oct ' 17

pic

5 Street Fashion Ala Indie Pop

Secara nggak sadar, genre musik yang lo suka bakalan berpengaruh sama gaya berpakaian.Ini dia 5 fashion item yang suka dipakai sama anak indie pop!
08

Jan ' 18

pic

4 Potongan Rambut Keren Musisi Idola. Suka yang Mana?

Dari The Beatles sampai Alex Turner, gaya rambutnya jadi favorit para fans. Lo suka yang mana?
10

Jan ' 18

pic

Keep It Good! Ini dia 5 Hal yang Bikin Tas Kulit Awet!

Makin tua, tas kulit emang makin kece. Biar awet terus, ini yang perlu lo perhatiin!
10

Jan ' 18

pic

Tampil Keren dengan 4 Model Celana Jeans yang Nggak Biasa

Steal the spotlight! Cari tahu 4 model celana jeans unik yang akan bikin lo kelihatan makin keren!
15

Jan ' 18

pic

Biar Awet, Perhatiin 4 Cara Mencuci Sepatu Kanvas Ini!

Walau murah, cara mencuci sepatu kanvas ini perlu lo perhatiin!
25

Jan ' 18

pic

5 Model Kemeja yang Jadi Must-Have Item Buat Cowok

Dari acara formal sampai kasual, berbagai model kemeja bisa jadi pilihan! Yuk, cari tahu must have items shirt buat para cowok!
02

Mar ' 18

pic

Biar Makin Keren, Tips Memilih Kacamata Ini Harus Lo Perhatiin!

Bukan cuma bantu penglihatan, model kacamata juga bisa jadi signature lo! Yuk, temukan tips memilih kacamata yang pas buat lo!
04

Apr ' 18

pic

4 Cara Berpakaian Modis Tanpa Bikin Kantong Kering

Siapa bilang buat selalu kelihatan keren harus nguras kantong dalam-dalam? Dengan cara berpakaian modis murah meriah ini, lo bisa selalu kelihatan stylish tanpa perlu bikin kantong meringis!
12

Apr ' 18

pic

4 Outer yang Bikin Gaya Casual Lo Makin Keren

No more cold days! Outer yang pas bisa bikin tampilan lebih hangat dan juga boost penampilan lo dengan gaya casual! Lihat outer apa aja yang perlu lo punya, yuk!
16

Apr ' 18

pic

Perhatikan 5 Hal Ini Kalo Nggak Mau Sepatu Bahan Suede Lo Rusak

Buat lo yang suka dengan tampilan sleek dan manly, pasti punya koleksi sepatu suede buat menunjang penampilan, kan! Biar sepatu bahan suede lo nggak rusak hanya dalam beberapa kali pakai, ikuti tips berikut, ya!
16

Apr ' 18

pic

Boost Your Style! Ini 5 Sepatu Kekinian yang Bikin Lo Makin Keren

Style keren lo nggak lengkap rasanya tanpa sepatu yang mendukung! Butuh inspirasi jenis sepatu kekinian apa yang bisa bikin lo makin keren? Cari tahu infonya dalam artikel ini, ya!