06
Mar ' 19
img
imaggination
Perlu Banget Tau, Ini Dia Manfaat Power Nap!
Author: GENERATION-G

Power nap adalah tidur siang yang dilakukan secara singkat. Tidur siang ini bisa membuat lo kembali segar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas. Power nap adalah salah satu hal yang bisa lo lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari. Penelitian dari University of Düsseldorf menemukan bahwa seseorang yang telah tidur selama 6 menit aja bisa mengembalikan kemampuan memori daya ingat yang besar, lho. Mengantuk di siang hari itu hal yang wajar, kok! Penyebabnya adalah enzim kita banyak digunakan saat bangun dan beraktivitas. Jadi, ketika badan udah ngasih sinyal, dengerin aja! Jangan khawatir kerjaan akan tertunda. Karena untuk memulihkan tenaga, kita cuma perlu waktu 5 sampai 30 menit. Terus, apa aja sih manfaat power nap?

 

Img source: rock-cafe.info

 

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

 

Yes, you heard it right! Power nap bisa meningkatkan kesehatan jantung kita. Banyaknya aktivitas serta tuntutan kerja yang tinggi membuat otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berfikir secara terus menerus. Kondisi ini, bisa menjadi beban buat otak dan membuat stres yang berlebihan! Power nap bisa membuat otak dan tubuh beristirahat sejenak untuk mengumpulkan energi sekaligus mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

 

 

Img source: licdn.com

 

2. Membuat Mood Jadi Lebih Baik

 

Suasana hati yang berubah-ubah pasti sangat mempengaruhi produktivitas lo dalam bekerja. Nggak usah khawatir, napping juga punya manfaat fisik dan emosional yang besar untuk kehidupan sehari-hari, lho! Dengan suasana segar dan optimis yang terbentuk setelah power nap, pasti lo akan lebih semangat dalam beraktivitas di sisa hari dengan penuh energi!

 

 

Img source: vault.com

 

3. Jadi Lebih Kreatif

 

Penelitian NASA membuktikan kalau tidur siang selama 30 menit bisa ningkatin kemampuan berpikir sebanyak 40%, sedangkan tidur yang hanya memakan waktu selama 20 menit udah cukup buat otak kita untuk mengumpulkan energi yang memperbaiki syaraf-syaraf otak sehingga bisa bekerja lebih efektif! Hasilnya lo bisa jadi lebih waspada, berpikir lebih jernih dan meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah. Nggak cuma itu, otak kita akan bekerja jadi lebih efektif waktu lagi belajar atau menerima informasi baru!

 

 

Img source: thepaleomom.com

 

4. Meningkatkan Daya Ingat

 

Studi yang dilakukan oleh professor David F. Dinges juga ngebuktiin kalau orang-orang yang melakukan power nap memiliki memori atau daya ingat yang lebih baik serta memiliki daya konsentrasi yang lebih bagus, lho! Bukan hal yang nggak mungkin karena setelah power nap pasti lo akan merasa lebih segar dan dapat lebih berkonsentrasi serta fokus dalam menjalani aktivitas.

 

Nah, selain nentuin waktu yang pas buat power nap, pastikan juga buat bangun tepat waktu. Ini juga penting, lho! Dengan bangun pagi dan membiasakan tubuh lo buat kena matahari pagi, secara perlahan ritme sirkadian tubuh lo jadi terbiasa. Langsung aja dimulai kebiasaan-kebiasaan di atas biar waktu tidur lo jadi teratur! Jangan lupa, waktu tidur yang pas bikin lo jadi punya tenaga lebih dan nggak gampang capek buat beraktivitas serta bikin lo jadi lebih bisa berpikir positif!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More