08
Jan ' 18
img
imaggination
Nikmati Pameran Seni Mural Keren di 4 Tempat Asik Ini!
Author: GENERATION-G

Buat bisa nikmatin karya street art kayak mural, mungkin bukan pameran seni di dalam gedung yang bisa lo datengin. Tapi, jangan salah! Melihat sebuah karya seni mural dipamerin bisa jadi hal yang seru, loh! Yes, mural emang nggak cukup kalau cuma kita lihat pas udah jadi. Makanya, acara-acara mural making yang nunjukkin proses pembuatannya bahkan membolehkan lo buat terlibat di dalamnya banyak banget di dunia! Terus, di mana aja ya lo bisa lihat mural ditampilkan atau dibuat langsung? Ini dia tempatnya!

 

 

Image source: www.powwowworcester.com

 

1. Pow! Wow!

 

Tembok-tembok besar. Satu minggu penuh. Berapa banyak mural yang bisa dibikin? Of course, bunch! Festival yang satu ini punya filosofi keren di balik namanya, Pow! Wow!. Pow! sendiri bermakna impact yang diperoleh seseorang dari sebuah karya seni. Kalau Wow! merupakan reaksi yang dimiliki seni terhadap penikmatnya. Sementara itu, pow wow sendiri merupakan istilah Amerika Latin yang ngegambarin pertemuan buat ngerayain budaya, musik, dan seni. Jadi, pameran seni berbagai cabang kumpul jadi satu. Seru, kan?

 

Di Pow! Wow! Sendiri bukan cuma ada mural aja, tapi juga pameran seni, lecture series, konser, dan juga live art installation dengan banyak banget seniman keren di dunia. Festival ini sekarang nggak Cuma ada di Hawaii doang, kok! Tapi juga udah merambah tempat-tempat lain di dunia kayak Long Beach, Taiwan, Israel, Singapura, Jamaika, Washington D.C., Guam, New Zealand, Jerman, dan masih banyak lagi.

 

 

Image source: www.muralharbor.at

 

2. Mural Harbour

 

Pernah bayangin satu tempat di mana lo bisa bikin dan nikmatin mural? Mural Harbour jawabannya! Tempat ini bisa jadi salah satu destinasi wajib kalau mau nikmatin pameran seni mural. Hebatnya lagi, mural yang ada di Mural Harbour ini bisa lo temukan di tempat-tempat yang sulit, yaitu nggak di tanah. Misalnya, mural yang ada di tembok pingiran perairan atau bangunan tinggi. Pasti butuh keahlian dan nyali kan buat bikinnya? Nggak sembarangan, tuh!

 

Kalo mau dateng ke Mural Harbour, lo bisa aja jadi turis yang cuma liat-liat doang. Cuma, nggak menutup kemungkinan buat ikutan menorehkan tinta lo di sana dengan daftarin diri untuk ikut gambar.

 

 

Image source: www.graffitisouthafrica.com

 

3. Just Writing My Name

 

Mural bisa jadi bukan highlight dari event ini. Bukan highlight nggak berarti lo nggak bisa nemuin karya mural di tiap-tiap event “Just Writing Your Name” yang diselenggarakan di berbagai kota di dunia. Karya-karya mural yang hadir dari event “Just Writing My Name” ini bahkan masuk ke berbagai top list mural yang perlu lo liat. Mau ambil bagian buat seru ngegambar di tembok? Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, pameran seni “Just Writing My Name” juga udah beberapa kali diadakan di Indonesia, misalnya di Medan dan Palembang.

 

 

Image source: bukruk.com

    

4. Bukruk Festival

 

Bangkok juga punya acara seru buat lo yang mencari-cari pameran seni mural. Terletak di Bangkrak Street, Thailand, berbagai street artist memajangkan karyanya. Street artist yang ikutan berkarya di event sepanjang sepuluh hari ini bukan hanya dari Asia, tapi juga dari Eropa, lho! Yang lebih keren lagi, gambar-gambar keren ini terpampang di sebuah kota yang lumayan tua. Jadi, berasa deh feel liburannya!

 

 

Image source: http://bit.ly/upfeststreet

 

5. Upfest

 

Sama halnya kayak event-event pameran seni mural yang lain, Upfest ini juga merupakan festival yang pada tahun 2017 ini bertempat di Bristol, Inggris. Buat penduduk Bristol, tumpahan warna-warni yang jadi gambar-gambar keren udah bukan pemandangan yang asing. Bahkan, street artist yang ikut bikin rame festival ini bisa mencapai 350 orang! Kebayang nggak sih berapa banyak gambar yang dihasilkan? Terhitung sebagai pestanya para street artist, Upfest juga diisi sama nama-nama keren di dunia “permuralan”. Pasti keren banget ya kalau lihat langsung!

 

 

Yep, it’s so nice to see the ink spreads! Terutama, lo yang emang punya passion di dunia itu atau baru mau ikutan terjun. Nah, kalau mau ngeliat langsung gimana sebuah space kosong dibuat jadi mural yang keren,bukan cuma di pameran seni, di Urban GiGs juga bisa, kok! Nggak cuma bisa lihat aksi mural secara live, sajian musik asik dari kolaborasi band kenamaan juga bisa lo rasain. Misalnya, acara Urban GiGs x Unreleased Project Roadhshow di Bandung, Jumat, 3 November 2017 kemarin. Nggak tanggung-tanggung, Elephant Kind x Rock ‘N Roll Mafia bikin Bandung larut dalam musik. Pure Saturday, Stars and Rabbit,  dan Zoo Elephant juga berbagi panggung dan ikut meramaikan Bandung, loh! Mau ikutan keseruan kayak gini? Langsung aja cek jadwal Urban GiGs selanjutnya di www.UrbanGiGs.id. Sebelumnya, intip dulu keseruan kemarin di video ini dan temukan playlist lengkapnya di Youtube Generation-G, ya!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More