17
Sep ' 18
img
imaggination
Kumpulan Film Indonesia yang Perlu Ditonton
Author: GENERATION-G

Salah satu cara nunjukkin kecintaan lo sama Indonesia bisa dilakukan dengan nongkrongin film-film lokal. Bukan cuma karena karya anak bangsa aja, tapi karena jumlah film berkualitas produksi dalam negeri makin banyak aja! Kumpulan film Indonesia di bawah ini misalnya, nggak cuma memukau penikmat dalam negeri dengan cerita yang wah dan visual yang megah. Beragam predikat penghargaan dunia juga udah diraih, lho! Langsung aja lihat judul-judulnya, yuk!

 

 

Image Source: screendaily.com

 

1. Sekala Niskala

 

Film yang judul bahasa Inggrisnya The Seen and Unseen ini disutradarai sama cewek keren, Kamila Andini. Ini bukan kali pertama Kamila Andiri unjuk gigi sama karya filmya dan dihargai oleh dunia. Sebelumnya, di tahun 2011, doi juga udah muncul dengan film yang nggak kalah bagus, yakni The Mirror Never Lies.

 

Sekala Niskala sendiri bercerita soal tradisi dan kepercayaan di masyarakat Bali tentang adanya dua hal yang seimbang. Topik ini dibahas lewat cerita dua orang anak kembar, yakni Tantri dan Tantra. Cerita sedih tentang Tantra yang berduka karena saudaranya yang sakit dikemas apik dengan unsur-unsur Bali yang kental. Hasilnya, berasa banget aura magisnya! Pas banget buat jadi kumpulan film Indonesia yang direkomendasiin ke teman-teman lo!

 

 

Image Source: montasefilm.com
 

2. Istirahatlah Kata-kata

 

Berlatar akhir tahun ‘90-an, Istirahatlah Kata-kata mengangkat cerita satu sosok nyata di Indonesia, yakni penyair Wiji Thukul. Bukan mengangkat cerita kepenyairannya, justru film karya Joseph Anggi Noen ini bercerita tentang gimana sepinya ketika seseorang lagi dalam pelarian dan jadi salah satu dari kumpulan film Indonesia yang penting buat ditonton.

 

Istirahatlah kata-kata nggak cuma memukau penonton lokal setelah diputar 19 Januari 2017 lalu aja. Tapi, beragam festival juga udah didatangi, misalnya Locarno International Film Festival di Swiss dan juga Busan International Film Festival di Korea. Saat ini, lo bisa menunggu pemutarannya di bioskop-bioskop independen.

 

 

Image Source: bioskoptoday.com

 

3. Humba Dreams

 

Duo Mira Lesmana dan Riri Riza kayaknya nggak pernah kehabisan bahan buat bikin film-film keren. Kali ini, tanah Sumba diangkat jadi latar buat film Humba Dreams. Saking bagusnya, film ini udah dapat penghargaan dari ajang Asian Project Market, sebagai rangkaian dari Festival Film Internasional Busan di Korea tahun 2017 lalu. Padahal, film bagus ini baru rencana ditayangkan di tahun 2018 ini dan masih dalam tahap pasca produksi, lho!

 

Film ini sendiri bercerita soal pelajar film muda di Jakarta yang diminta pulang ke Sumba. Setelah nemu sebuah film seluloid usang yang nggak terpakai, dia mulai perjalanan buat nemuin jati diri. Tuh, pas banget ditonton buat jadi inspirasi lo nantinya!

 

 

Image Source: hot.detik.com

 

4. Marlina Si Pembunuh Dalam 4 Babak

 

Sutradara Mouly Surya juga udah punya nama gemilang di industri perfilman Indonesia. Masih menyajikan latar Sumba yang eksotis, film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak bikin kita tegang, miris, dan juga terpukau habis-habisan.

 

Film yang sempat diputar di bioskop tahun 2017 ini mengisahkan Marlina, seorang perempuan yang mengalami pemerasan dan pemerkosaan. Bukan mengalah sama takdir, dia justru berhasil membunuh salah satu orang yang mengancamnya. Keren banget, kan? Buat lo yang belum nonton, yang satu ini wajib banget masuk bucket list. Film ini juga udah menyabet penghargaan baik di dalam maupun luar negeri.

 

Kumpulan film Indonesia di atas udah membuktikan film dalam negeri juga punya kualitas yang super. So, jangan sampai nggak nonton, ya!

 

 

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More