13
Feb ' 19
img
imaggination
Kota-kota Indonesia yang Punya Banyak Mural. Pernah Ke Sana?
Author: GENERATION-G

Indonesia dikenal dengan ragam kekayaan alam dan kesenian, nggak heran kalau kreativitas generasi muda kita terus-terusan bergulir tanpa kenal waktu dan tempat. Mural art jadi salah satu kreativitas yang bisa dijumpai di tembok-tembok kota manapun yang kita kunjungi. Pembuatan mural art ini biasanya punya banyak motif. Bisa sebagai media penyampai harapan, aspirasi, ekspresi seni, bahkan ada yang mengandung pesan politis. Nah, ini dia deretan kota dengan mural art yang bisa kita nikmati hampir di berbagai sudut jalannya!

 

Img source: parmagz.com
 

1. Jakarta

 

Ibu kota kita ini adalah salah satu kota yang dinding-dindingnya ngalamin perluasan fungsi jadi wadah kreativitas mural art. Karya mural emang menjamur hampir di setiap sudut kota. Mulai dari dinding salah satu kampus swasta di bilangan TIM, kolong jembatan layang, sampai tembok gedung, bahkan hotel. Berbeda dengan vandalisme yang berarti perusakan akan suatu karya yang biasanya dilakuin dengan nyoret-nyoret, mural justru sebuah karya lukis yang emang diaplikasiin di bidang datar permanen. Keberadaan street art ini banyak di-support dengan disediakannya lapak kreasi. Salah satu contohnya adalah tembok di daerah Kalijodo. Nggak cuma itu, sekarang karya mural juga bakal sering lo jumpai di tempat macam museum sampe event tertentu yang diadakan di Jakarta, lho.

 

 

Img source: mia-wulan.blogspot.com

 

2. Yogyakarta

 

Masih seputar agenda ngurangin vandalisme, pemerintah Kota Yogyakarta nyiptain inisiatif yang lebih oke dengan ngasih lapak khusus buat para pembuat mural art memperindah seisi kota. Pemandangan dengan karya mural bakalan gampang lo temuin di sekitar Jembatan Lempuyangan, tembok di daerah Pakualaman, Sambilegi, Soboman, dan lainnya. Selain itu, Yogyakarta juga punya kampung mural juga yang bertempat di Panca Tertib Klitren. Totalitas, banget nggak tuh! Selain manjain mata dengan ngeliat karya anak-anak negri, lo jadi bisa nambahin daftar spot foto artsy deh buat dikunjungin.

 

 

Img source: muralbali.com

 

3. Bali

 

Sekarang kalo lo ke Bali, pemandangan yang bisa dinikmatin bukan pantai doang. Di daerah Denpasar ada lorong-lorong mural art cantik yang bakal manjain mata lo. Jangan salah, keberadaan rentetan karya tersebut nggak berfungsi buat mempermanis kota aja, tapi buat ngasih pesan moral buat masyarakat juga. Seneng pasti nemuin kata-kata positif yang bisa bikin kita ngerasa diperhatiin banget. Yang menarik, proses pembuatan ini juga ngelibatin anak-anak dari penduduk setempat. Gimana, udah pada liat belom kreativitas yang satu ini di sekitaran Denpasar?

 

 

Img source: asedino.com

 

4. Solo

 

Ngomongin mural art di berbagai kota di Indonesia, nggak lengkap tanpa nyertain Kota Solo. Di sana, lo bisa nemuin lukisan mural di sepanjang jalan Gatot Subroto. Kerja keras para senimannya patut diacungi jempol buat ngubah stigma mural yang dicap buruk sama masyarakat. Oktober 2018 lalu ratusan muralis di kota ini sulap pertokoan di kawasan tersebut untuk menjadi lokasi alternatif buat para wisatawan yang doyan hunting spot foto. Momen ini sekaligus pembuktian dari para senimannya bahwa muralis nggak sama dengan aksi vandal. Ngeliat usaha mereka, rasanya slogan “balas dengan karya” emang beneran berpengaruh, ya, buat ngubah pemikiran masyarakat. Salut!

 

Selain kota-kota yang disebutin di atas, masih banyak lagi lho kota di Indonesia yang dipenuhin sama mural art  yang nggak kalah menarik. Bandung, Semarang, Surabaya, bahkan Malang. Buat lo yang hobi cari spot foto artsy dan nggak biasa, berbagai lokasi dengan seni mural ini cocok banget dimasukin bucket list. Tapi inget, aktivitas berfoto lo jangan sampe ngeganggu pengunjung lain apa lagi sampe ngerusak karya, ya! Nggak mau kan disebut-sebut sebagai pelaku vandalisme?

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More