12
Nov ' 18
img
imaggination
Galeri Online Buat Lo yang Mau Lihat Karya Seni
Author: GENERATION-G

Jalan-jalan sambil lihat karya seni jadi hal yang seru buat dilakukan di akhir pekan. Sayangnya, walau udah nyiapin rencana, kadang ada aja halangannya. Bisa karena isi kantong yang nggak mendukung atau cuaca yang nggak asik buat jalan-jalan. Ada solusinya, nih! Udah banyak lho online art gallery yang bisa lo kunjungi cuma dari layar kaca laptop. Selain nggak terbatas tempat dan waktu, galeri karya seni ini juga bisa kasih inspirasi lebih banyak dan bikin lo berasa traveling! Di mana aja sih cari galeri karya seni ini? Simak ulasannya, nih!

 

Img source: vivamanaus.com
 

1. Google Arts & Culture

 

Google emang nggak pernah kehabisan ide-ide keren buat direalisasikan. Salah satu yang lumayan bikin melongo adalah keberadaan Google Arts & Culture. Di platform ini, lo bisa lihat banyak koleksi  karya seni  dan budaya mulai dari karya visual sampai bangunan! Nggak tanggung-tanggung, karyanya nggak terbatas dari satu negara, tapi seluruh dunia, lho!

 

Canggihnya Google Arts & Culture ini adalah lo bisa akses gambar yang memiliki resolusi tinggi dari artwork yang sudah dikurasi dan bisa lo temukan di berbagai museum partner. Bahkan, lo bisa berasa jalan-jalan langsung di tempat-tempat yang ditampilkan dengan fitur “walk through” dengan bantuan teknologi Street View. Asik banget nggak, sih?

 

 

Img source: whatpixel.com

 

2.  Museum Website

 

Nggak punya waktu buat menyempatkan diri ke museum atau karya yang pengen lo lihat ada di tempat yang cukup jauh? Salah satu cara yang bisa lo coba adalah dengan mencari pameran karya seni yang dilakukan secara online. Pameran kayak gini biasanya diselenggarakan sama museum-museum yang besar. Tapi, keberadaannya cukup terbatas, soalnya biasanya pameran seperti ini hanya dilakukan untuk beberapa karya tertentu atau karya yang memang cukup banyak peminatnya.

 

Beberapa museum di Eropa udah mencoba buat bikin pertunjukan online. Salah satu di antaranya adalah museum The Louvre yang memungkinkan lo buat lihat tampilan 360 derajat. Selain The Louvre, lo juga bisa langsung menuju website Vatican Museums, cobain Dali Theatre Museum, atau ke The Metropolitan Museum Of Art. Berasa jalan-jalan, deh!

 

 

Img source : ULM.edu

 

3. Website Universitas
 

 

Sejumlah universitas di dunia udah berusaha menunjukkan eksistensinya bukan lagi sebagai lembaga pendidikan, tapi juga penelitian dan penjaga hasil kebudayaan. Hal ini juga yang bikin beberapa lembaga pendidikan dunia juga berusaha untuk menjaga berbagai karya seni di perpustakaan mereka. Karya seni ini bukan hanya disimpan, dalam beberapa kesempatan, mereka juga membuka pintu buat orang-orang yang mau menikmati karya ini. Biasanya, karya yang ditampilkan adalah yang punya hubungan dengan universitas tersebut atau menjadi bagian dari objek penelitian.

 

Beberapa lembaga yang serius menjalankan hal ini misalnya Smithsonian Institute dan Cambridge University Library. Walau lo nggak selalu bisa lihat, tapi stay tune aja sama jadwalnya biar nggak ketinggalan. Lumayan, daripada harus jauh-jauh ke luar negeri, kan?

 

 

 

4. Website Lembaga Kultural
 

Selain universitas dan museum, lembaga yang juga giat banget menjaga karya seni dan membudayakannya adalah sejumlah lembaga kultural atau non-profit organization. Karya yang ditampilkan memang jumlahnya nggak terlalu banyak, tapi lo akan bisa menemukan berbagai tema di lembaga-lembaga yang berbeda. Selain organisasi, lembaga yang juga ikut bikin pameran online atau digital ini biasanya merupakan art gallery. Jadi, karya yang ditampilkan juga umumnya yang akan dijual atau dilelang. Sebelum pindah tangan, pastikan lo udah melihatnya dulu walau secara online, ya!

 

List di atas ini bisa jalan keluar kalau lo mau melihat karya seni tanpa perlu datang langsung ke tempatnya. Tenang aja, bukan tampilannya doang yang akan lo lihat. Di pameran tersebut sudah dilengkapi penjelasan soal karya dan pengarangnya juga, kok! Kalau lo juga tertarik melihat gambar inspirasi atau karya lainnya, media sosial juga bisa jadi tempat yang asik buat follow artist favorit dan keep up sama hasil kerja mereka.

 

 

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More