23
Nov ' 18
img
imaggination
Deretan Film Dokumenter Musisi Yang Bisa Ngasih Inspirasi Dalam Bermusik
Author: GENERATION-G

Kadang, mengenal musisi favorit kita lewat berbagai karya dan aksi panggung aja nggak cukup. Musisi juga punya 'panggung' lain yang nggak kesorot media, tapi hal-hal seperti itu justru menjadi momen signifikan dalam perjalanan hidup dan karier mereka. Salah satu media yang bisa dipakai buat mengenal musisi favorit lebih dalam adalah film dokumenter! Nggak cuma itu, banyak banget yang bisa lo jadiin inspirasi lewat angle-angle menarik yang diangkat. Mau tau apa aja? Check it out!

 

Img source: wegow.com

 

1. Amy (2015)

 

Lewat rekaman arsip dan testimonial personal, film ini mengangkat tentang cerita penyanyi Amy Winehouse dan perjuangan dia menghadapi kecanduan alkohol dan obat, sebelum dan sesudah kariernya menanjak. Film dokumenter berdurasi 128 menit ini berhasil mendapatkan berbagai penghargaan, termasuk dokumenter terbaik lewat penghargaan Oscar. Walaupun Amy sempat menuai kritik dari orang tua Amy Winehouse sendiri, rasa kangen lo dijamin bakalan terobati waktu nonton!

 

 

Img source: goldfm.com.au

 

2. Montage of Heck (2015)

 

Film dokumenter ini menceritakan dokumentasi sang musisi, Kurt Cobain sejak tinggal di Aberdeen, Washington sampai kesuksesannya di band Nirvana. Melalui film berdurasi 145 menit ini, diceritain juga alasan Kurt memilih nama Nirvana untuk bandnya, lho! Berbagai macam rekaman video dan foto-foto Kurt yang belum pernah ditampilkan ke hadapan publik juga ditayangkan di film dokumenter ini. Nggak cuma berlatar kesuksesan band Nirvana pada tahun 1991, film yang satu ini juga mengangkat cerita tentang Kurt yang menderita penolakan dan pengucilan semasa kanak-kanak. Biar nggak penasaran, langsung aja masukin Cobain: Montage of Heck ke dalam daftar film yang harus lo tonton minggu ini!

 

 

Img source: 2016.britishfilmfestival.com.au

 

3. Supersonic (2016)

 

Judul film ini diambil dari judul single perdana Oasis berjudul Supersonic yang dirilis pada tahun 1994. Menceritakan bagaimana Gallagher bersaudara kompak membentuk band sampai memutuskan untuk bubar, dan diakhiri dengan tayangan konser nonstop selama dua hari di Knebworth Park di tahun 1996. Film ini juga diproduksi sama tim yang sebelumnya menggarap film untuk Amy Winehouse, lho! Buat yang kangen nonton penampilan Gallagher bersaudara, langsung aja nonton filmnya! Mujarab banget buat mengobati rasa kangen.

 

 

Img source: ondss.com

 

4. Foo Fighters: Back And Forth

 

Film dokumenter yang dirilis 5 Aprill tahun 2011 ini berisi dokumentasi Foo Fighters. Pada bagian awal film, nggak langsung ngebahas soal band ini, tapi nyeritain cikal bakal terbentuknya salah satu band legendaris ini. Buat lo para penggemar Foo Fighters, wajib banget nonton film ini! Sebuah dokumentasi panjang tentang Foo Fighters hingga menjadi sebesar sekarang, Back and Forth merupakan cerita perjuangan menjaga keutuhan band yang menjadi pelajaran berharga buat kedepannya. Film yang digarap oleh James Moll ini mendapatkan penghargaan Grammy Award di tahun 2012, lho!

 

Itu dia beberapa rekomendasi film dokumenter tentang para musisi dunia yang bisa lo tonton. Selain bisa jadi teman buat mengisi waktu luang bareng teman-teman, deretan film di atas juga bisa ngasih lo inspirasi baru dari sudut pandang sang musisi itu sendiri! Masih kurang? Film-film pendek ini juga bisa ditambahin ke daftar lo, nih!

 

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More