06
Jun ' 18
img
imaggination
Cara Bisnis Online Party Planner yang Bisa Bikin Orang Bahagia
Author: GENERATION-G

Bikin orang lain bahagia bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjadi party planner. Singkirkan bayangan lo soal susahnya menjalani usaha yang satu ini, sebab lo nggak butuh banyak modal dan bisa mengerjakannya sambil kuliah. Satu lagi yang paling penting, nggak perlu juga menyiapkan kantor! Lo bisa bikin profil online buat “memancing” calon klien lo nantinya. Mau tahu gimana cara bisnis online dengan tema party planner yang keren? Simak ulasannya berikut, ya!

 

 

1. Siapkan konsep party yang keren dan pas buat klien

 

Cara bisnis online yang satu ini bukan tentang jual beli barang. Justru, kreativitas jadi modal utama buat bikin party planner yang sukses bikin acara keren. Yep, nggak semua orang punya waktu atau keahlian buat menemukan ide-ide out of the box.

Bukan cuma bikin acaranya aja, jobdesc lo sebagai party planner dimulai dari upaya buat nemu konsep yang sesuai sama keinginan klien. Kalau bikin acara ulang tahun, perlu juga riset tentang kesukaan dari klien, misalnya pilihan warna dan alat-alat dekorasi, konsep yang disukai, sampai strategi buat bikin surprise. Nggak asal bikin acara, tugas lo adalah mempersiapkannya matang-matang.Serunya dari kerja di dunia kreatif adalah lo punya kesempatan untuk eksplor lebih jauh di setiap project. Nggak usah takut! Banyak cara menyenangkan kok buat nemu inspirasi dalam bikin event yang bagus, misalnya nonton film,  baca buku, atau bahkan traveling! Give your touch of magic, then look at your client’s happy faces!

 

 

2. Jalin relasi baik sama vendor lain

 

Suatu acara yang keren, mau itu ulang tahun, peringatan anniversary, perayaan kelulusan, atau momen lainnya bisa jadi makin seru dengan pilihan pelengkap yang tepat. Pertama, pasti makanan yang enak akan bikin semua orang bahagia. Bikin acara di tempat yang cozy atau sesuai sama jenis acaranya juga bikin suasana jadi lebih seru. A little garnish, kalau klien lo butuh tambahan musik, keahlian lo buat cari pengisi musik yang pas juga bikin meriah.

Buat bisa menemukan vendor yang keren, bisa coba tanya ke teman soal rekomendasi mereka atau ngulik di media sosial. Jangan lupa buat selalu up to date tentang yang lagi tren. Misalnya, karena cukup hype, DJ-DJ berkonsep karaoke mungkin pas buat event klien lo.  Terus, gimana ya cara manage semua kebutuhan acara ini biar lo bisa dapat harga murah dan kualitas yang bagus? Maintain relasi baik udah pasti jadi salah satu hal yang jadi kekuatan lo dalam melakukan usaha online ini, Generation-G. Terus, jangan sungkan buat sering-sering kenalan sama orang baru. Siapa tahu, teman baru lo juga bisa jadi salah satu vendor di masa depan, kan?

 

 

3. Investasi di barang-barang reuseable

 

Tampilan jadi faktor nomor satu yang bikin party planner lo bisa disukai sama banyak orang. Iya lah! Saat pertama kali calon klien memutuskan lo yang akan mengerjakan acaranya, tampilan dekorasi jadi hal yang dilihat duluan. Tapi, dekorasi kan butuh biaya banyak, terus gimana ya mengakali cara bisnis online lo untuk bikin acara ini bisa untung lebih banyak?

Jawabannya ada di investasi ke barang-barang dekorasi yang reusable. Selain menghemat biaya, lo juga bisa sekalian branding dengan barang-barang tersebut biar orang jadi selalu teringat sama brand lo! Kalau lo lebih kreatif lagi, bisa bikin dengan cara memanfaatkan barang bekas juga, lho!

 

 

4. Good Relationship with Client is A Key!

 

Setiap pekerjaan nggak cuma on-job-nya aja yang penting. After job-nya juga harus diperhatikan baik-baik, lho! Setelah melakukan yang terbaik dan bikin klien puas dengan hasil event yang udah dibuat, hubungan baik juga harus dijaga, lho! Selalu sempatkan buat ngobrol sama klien dan dengar feedback mereka, lalu jadikan bahan evaluasi. Selain tentang apa yang sudah dikerjakan, ngobrol ringan sama klien juga bisa bikin lo punya relasi baik sama mereka. Siapa tahu, komunikasi ini justru jadi cara bisnis online lo “berjualan”. Sebab, tools marketing yang baik salah satunya adalah rekomendasi dari klien lo buat temannya.

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More