07
Jun ' 18
img
imaggination
Biar Masih Bisa Traveling, Gini Manajemen Waktu yang Pas Buat Pekerja Muda
Author: GENERATION-G

Banyak yang bilang, awal masa bekerja adalah waktunya lo buat memulai hidup. Tapi, melihat jadwal yang padat dan banyaknya hal yang harus dipelajari di pekerjaan pertama ini bikin mikir seolah lo nggak punya “kehidupan”. Yep, walking through the Nine to Five or the unlimited tasks list will make you down sometimes. Apalagi, kalau habis lihat update-an teman yang masih bisa bebas jalan-jalan kapan pun mereka mau. Pengen bisa melakukan hal yang sama? Mungkin, kok! Coba manajemen waktu buat pekerja muda ini biar lo bisa tetap punya waktu buat traveling, yuk!

 

 

1. Mulai sahabat-an sama kalender

 

Kalau biasanya kalender cuma terpajang di meja kerja atau dinding kantor tanpa lo lirik, kini saatnya mulai menjalin persahabatan sama benda satu ini biar bisa bikin manajemen waktu liburan. Cek semua tanggal merah yang memungkinkan lo buat pergi. Kalau perlu, hafalin sekalian!

Hafal semua tanggal merah di kalender, bikin lo punya kemampuan lebih buat bisa atur waktu yang tepat buat liburan. Berhubung di awal masa kerja cuti belum bisa lo dapat, long weekend jadi waktu yang pas tuh buat bikin agenda. Cari waktu libur di hari Jumat atau Senin, biar bisa manfaatkan libur weekend dan lo bisa jalan-jalan lebih lama.

 

 

2. Bikin strategi khusus buat deadlines

 

Kalau udah tahu kapan waktu yang tepat buat agenda traveling lo, sekarang saat yang tepat buat menyusun jadwal pekerjaan. Sekalipun lo nggak harus hadir di kantor buat bekerja, agak malas juga kan harus bawa-bawa kerjaan sambil liburan?

Bikin skala prioritas buat pekerjaan penting banget, lho! Susun to do list lo mulai dari pekerjaan yang deadine-nya lebih cepat dan mendesak. Kalau misalkan semua pekerjaan lo punya tenggat yang sama, dahulukan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan buat berpikir kreatif. Biasanya, mendekati waktu liburan otak udah agak susah buat mikir jernih dan nemu ide-ide seru. Kalau pekerjaan yang cukup “mikir” ini sudah selesai, baru deh lanjutkan pekerjaan yang nggak membutuhkan banyak waktu untuk berpikir. Manajemen waktu buat kerjaan ini penting, biar nggak kewalahan saat liburan.

 

 

3. Jadiin liburan sebagai reward

 

Kebayang liburan sampai nggak bisa mikir kerjaan? Jangan sampai, deh! Biar semangat, selain manajemen waktu yang tepat, set pola pikir lo seolah liburan ini adalah reward atau hadiah atas kerja keras. Tapi, karena ini hadiah, lo jadi harus menuntaskan pekerjaan dulu.

Agak sedikit niat, sih. Tapi, nggak ada salahnya bikin motivasi buat diri sendiri. Pasang wallpaper tempat tujuan liburan lo di handphone atau taruh print-out foto-nya di meja kerja bisa membantu juga buat boosting semangat!

 

 

4. Make it short, but good

 

Punya mimpi liburan yang jauh dalam waktu lama? Boleh aja, sih. Tapi, realistis itu penting. Lebih baik pergi sebentar tapi bisa bikin momen memorable dibandingkan pergi jauh dan lama tapi nggak maksimal karena manajemen waktu yang kurang tepat. Banyak kok destinasi liburan yang nggak jauh tapi bagus. Jadi, nggak perlu lama, yang penting adalah liburan lo bisa cukup membahagiakan!

Kalau tujuan traveling lo ke luar negeri, beberapa destinasi travel murah di Asia Tenggara juga masih banyak yang bisa di-eksplor, misalnya Vietnam atau Sri Lanka. Kalau mau belanja, bisa juga ke Singapura atau Thailand. Yang penting, lo masih bisa liburan!

Pekerjaan emang penting buat diselesaikan dengan tanggung jawab. Liburan juga nggak kalah penting karena bisa bikin lo jadi semangat kerja. No more scrolling through the Instagram feeds just to see heads in the clouds or instagramable spot in new place. Go and feel it by yourself!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More