04
Sep ' 18
img
imaggination
5 Short Film Bagus Indonesia yang Dapat Penghargaan Dunia
Author: GENERATION-G

Karya anak bangsa yang mampir di ajang bergengsi dunia udah nggak terhitung jumlahnya. Nggak sedikit juga yang sampai dapat penghargaan tingkat dunia, lho! Beberapa film pendek di bawah ini contohnya, udah berhasil “nyabet” piala di festival keren! Udah tahu film bagus apa aja yang dimaksud? Cekidot!

 

Image Source: bbc.com

 

1. Prenjak/ In The Year of Monkey, Menang Di Cannes, 2016

 

La Semaine de La Critique bisa dibilang jadi salah satu ajang penghargaan penting yang diselenggarakan berbarengan dengan Festival Cannes. Di festival yang bergengsi ini, film-film dari seluruh dunia berebut panggung buat tampil dan berebut spotlight. Sebuah film karya sutradara dari Yogyakarta, Wregas Bhanuteja di tahun 2016 berhasil menyandang predikat film pendek terbaik di ajang ini. Film pendek berjudul Prenjak atau dikenal juga dengan judul bahasa Inggrisnya In The Year of Monkey terpilih dari 10 film bagus lainnya yang berasal dari berbagai negara, misalnya Perancis, Portugal, Hungaria, dan Brazil.

 

Dibintangi oleh teman dari sang sutradara sendiri, Prenjak menyajikan permasalahan pribadi yang dikemas dengan puitis abis. Ceritanya sendiri tentang seorang gadis desa bernama Diah (Rosa Siregar) yang lagi butuh uang dan menjual korek api seharga sepuluh ribu ke Jarwo.

 

Image Source: viddsee.com

 

2. 05.55

 

Di tahun yang berbarengan dengan menangnya karya dari Wregas Bhanuteja, Yogyakarta masih boleh berbusung dada. Soalnya, karya komunitas film independen dari kota ini yaitu Montas juga jadi pemenang kategori Best Cinematography di ajang Global Short Film (GFS) Award. Ajang penghargaan film yang diadakan di New York, Amerika Serikat ini, memilih 05:55 untuk kategori tersebut.

 

05:55 sendiri mengangkat cerita tentang detik-detik sebelum terjadinya gempa di Yogyakarta tahun 2006. Gempa ini sempat bikin Kota Gudeg jadi lumpuh sesaat dan menelan korban ribuan jiwa.

 

Image Source: hiburan.metrotvnews.com

 

3. The Malediction

 

Di negara yang nggak jauh dari Indonesia, yakni Singapura, salah satu film bagus asal Indonesia unjuk gigi lagi. Tahun 2017 lalu, short film berjudul Ruah, karya sutradara Makbul Mubarak memenangkan Special Mention dalam Southeast Asian Short Film Competition dalam Silver Screen Awards, Singapore International Film Festival (SGIFF) 2017 yang diadakan di Marina Bay Sands Grand Theatre. Film dengan durasi 27 menit ini dibintangi oleh Tri Sudarsono, Ernanto  Kusumo, Rully El-Faudi, Ninda Fillas Putri, Ameilya Windya, dan Anindya Puspita.

 

Ruah sendiri mengangkat persoalan poligami, agama, dan ketidaksetaraan gender. Tokoh yang jadi bahasannya adalah Haji Salim, seorang pria kaya raya di kampungnya. Salah satu yang jadi alasan film ini menang kategori Special Mention karena isu yang diangkat dianggap dekat banget sama kehidupan sehari-hari. Wajib nonton nih, Generation-G!

 

Image Source: cinemapoetica.com

 

4. Maryam karya Sidi Saleh

 

Balik ke tahun 2014, Maryam jadi film yang mencatat prestasi di 71st Venice International Film Festival. Film yang keluar sebagai juara ini bercerita tentang keragaman beragama dan mengangkat kegundahan seorang pembantu rumah tangga yang harus bekerja mengurus perayaan agama yang nggak dianutnya. Isu-isu agama sendiri emang udah beberapa kali diangkat oleh sutradaranya, Sidi Saleh, yang sering dikasih label sebagai sutradara film festival saking seringnya bikin film bagus yang menang penghargaan.

 

Maryam bukan satu-satunya film bagus karya Sidi Saleh yang bawa pulang piala, lho! Sebelumnya, Fitri, film pendek karyanya juga keluar sebagai juara di Clermont-fd International Film Festival di Paris. Keren banget, ya!

 

Empat film bagus di atas cuma sebagian kecil dari bukti kalau Indonesia juga bisa bikin karya bagus! Set diri lo buat berpikir positif dan terus coba. Siapa tahu, selanjutnya karya lo yang mejeng di festival tingkat dunia!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More