07
Sep ' 18
img
imaggination
5 Seniman Indonesia yang Ide Kreatifnya Udah Diakui Dunia!
Author: GENERATION-G

Ide kreatif karya anak bangsa bukan cuma dinikmati sama orang Indonesia aja, lho! Saat ini, udah banyak pekerja seni Indonesia yang karyanya dinikmati sama orang-orang di berbagai belahan dunia. Kerennya lagi, dengan karya yang udah diakui dunia dengan dipajang di berbagai festival atau dipasarkan secara global, seniman-seniman ini ternyata masih tergolong muda, lho! Siapa aja sih mereka?

 

Image Source: detikHOT

 

1. Roby Dwi Antono

 

Sekali terpikat sama karya Roby Dwi Antono, lo akan lebih mudah mengenali karya-karya lainnya saat nggak sengaja bertemu. Karya seniman dari Yogyakarta ini memang khas dan memorable banget. Dalam gambarnya, lo bisa lihat kalau cowok satu ini emang orang yang dekat banget sama hal-hal yang sentimental dan berbau melankolia.

 

Cowok yang pemeran tunggal perdananya dilangsungkan di tahun 2012 dengan judul “Imajinasi” ini, buah dari ide kreatif Dwi yang udah mejeng di berbagai art fair dunia. Misalnya, Art Fair Tokyo, Art Fair Philippines, dan juga Artstage di negara sebelah, Singapura. Band dream pop asal Denmark, Sleep Party People, juga menggunakan artwork karya Roby di salah satu sampul album mereka.

 

Image source: kadry-smk-tomoni.blogspot.com

 

2. Chris Lie

 

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di Bali dan Nyoman Nuarta Sculpture Park di Bandung jadi beberapa hasil karya dari Chris Lie, seorang lulusan arsitektur ITB. Tapi, dunia arsitektur bukan jadi pilihan utama Chris Lie sekarang, karena kecintaannya sama dunia komik. Ide kreatifnya di dunia komik sendiri udah dapat tepat di hati pecinta komik di Amerika Serikat. Salah satu karyanya, yakni “Return to Labyrinth” bahkan habis terjual cuma dalam waktu 2 hari di San Diego Comic-Con tahun 2006.

 

Image Source: duniagames.com

 

3. Griselda Sastrawinata

 

Lo termasuk suka film-film Disney? Nah, wajib banget kenalan sama Griselda Sastrawinata, cewek Indonesia yang ternyata terlibat di pembuatan film-film animasi Disney, nih! Pekerjaannya sebagai Visual Development Arts di Walt Disney bikin Griselda Sastrawinata jadi salah satu orang di belakang layar untuk Moana, Shrek Forever After, Puss in Boots, dan berbagai film animasi Disney lainnya.

 

Pekerjaannya ini berawal dari kesukaannya terhadap film-film kayak The Little Mermaid, Sleeping Beauty, dan juga Lady In Tramp. Terus, dengan ide kreatif yang ia miliki jadilah ia berkarir di industri animasi. Nggak tanggung-tanggung, Griselda Sastrawinata pernah kerja di perusahaan produksi film Dreamworks juga, lho!

 

Image Source: cobosocial.com

 

4. Joko Avianto

 

Karya seniman yang satu ini sempat jadi pembicaraan hangat gara-gara kemunculannya yang mendadak di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Tapi, karya-karya Joko Avianto sebelumnya ternyata udah mampir di berbagai negara di dunia. Yap, ide kreatif Joko menggunakan bambu sebagai bahan instalasi sudah sampai ke Balai Kota di George Town, ArtStage Singapore, Frankfurter Kunstverein di Jerman, dan juga Yokohama Triennale.

 

Mereka aja udah buktiin kalau dengan ide kreatif dan usahanya, semua bisa dicapai! Jadi, buat lo yang mulai berkarya, nggak perlu takut karena lo pasti bisa! Ayo, dipacu terus motivasinya biar bisa sekeren mereka, ya!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More