19
Oct ' 18
img
imaggination
5 Lukisan Tembok yang Tembus Harga Fantastis
Author: GENERATION-G

Buat sebagian orang, membuat lukisan tembok atau yang sering disebut mural jadi ajang buat mengekspresikan diri. Hasil ekspresi mereka dihargai begitu besar misalnya lewat pujian, penghargaan, atau bahkan jadi pembicaraan publik karena punya pesan yang cukup kontroversial. Nggak jarang, hasil karya seniman mural dihargai dengan nominal yang fantastis! Mau tahu lukisan tembok mana aja yang tembus harga selangit? Ini dia ulasannya!

 

Image Source: bluepantsdesign.wordpress.com

 

1. David Choe - Wall Painting for Facebook

 

David Choe mungkin jadi salah satu orang yang nggak nyangka kalau karya lukisan tembok yang dibuatnya bisa bikin dia jadi kaya raya. Di awal tahun 2005-an, Sean Parker, yang saat itu jadi presiden Facebook, mengajak Choe untuk menggambar mural di Silicon Valley. Saat itu, Choe minta bayaran yang cukup besar, yakni $60.000, tapi disarankan buat mengambil saham sebagai pembayarannya.

 

Walau saat itu lumayan nggak yakin dengan Facebook karena nggak percaya sama media sosial, pilihan Choe buat mengambil saham ternyata tepat banget. Berkat lukisan tembok tersebut, kekayaannya sudah sampai senilai $200 juta! Dengan harga saham Facebook tersebut, muralnya dikategorikan sebagai yang termahal. Bahkan, dengan hasil kekayaannya itu, David Choe sekarang bisa menghabiskannya dengan cara-cara yang unik, misalnya dengan membuat pameran sendiri yang tersembunyi dan mewajibkan pengunjungnya untuk menyimpan isi pameran tersebut sebagai misteri.

 

 

Image Source: yahoo.com

 

2. Banksy - Girl With Balloon

 

Nama Banksy di dunia seni udah jadi kontroversi sejak lama. Karya-karyanya yang selalu berusaha buat menghadirkan pesan perdamaian disukai sama publik tapi juga lumayan “nyentil” beberapa pihak. Belum lagi ditambah misteriusnya tokoh yang suka tiba-tiba memunculkan lukisan tembok buatannya di tempat-tempat yang nggak terduga.

 

Salah satu karyanya, belakangan ini kembali jadi pembicaraan. Bukan munculnya karya baru, tapi, versi print dari lukisannya, yakni yang sering disebut Girl With Balloon berhasil dapat penawaran sekitar $1.4 Juta yang sebelumnya versi lukisan temboknya terjual senilai $650.000. Sayangnya, hasil karya ini nggak bisa dinikmati lagi. Pada 5 Oktober 2018 lalu, tepat setelah terjual di sebuah pelelangan, karyanya hancur dengan sendirinya dan dicurigai kalau Banksy-lah yang sengaja menaruh paper shredder di belakang karyanya. Benar-benar misterius ya Banksy ini!

 

 

Image source: artnet.com

 

3. Piotr Nathan - Ritual of Disappearance

 

Suka sama musik techno? Sebuah club di Berlin yakni Berghain jadi salah satu icon dari genre ini yang perlu lo tahu. Buat masuk ke dalam club ini sendiri jadi hal yang cukup menantang sebab lo harus berhadapan sama peraturan yang cukup ketat dan nggak sembarang orang bisa masuk. Walau nggak bisa masuk, lo masih bisa menikmati suguhan arsitektur bangunan dan melihat sebuah karya yang kini punya harga fantastis, yakni lukisan tembok di dindingnya.

 

Karya Piotr Nathan yang diberi judul Ritual of Disappearance yang punya tinggi 16 kaki dan lebar 82 kaki ini dilepas dan dibagi ke dalam 171 aluminium panel dan dihargai sekitar $570 per panelnya. Tujuan dibaginya karya ini ke panel-panel adalah biar nggak ada yang punya karya Piotr  Nathan ini dengan utuh. Lo minat nggak nih buat punya salah satu dari karya seni yang iconic ini?

 

Selain karyanya yang emang keren, hal lain yang bikin sebuah lukisan tembok dihargai dengan nilai yang tinggi adalah keunikan, nilai yang dibawa, dan juga sejarahnya. Mungkin banget lho suatu saat nanti karya lo bisa jadi salah satu yang menggeser kedudukan mereka. Bukan soal nominalnya, tapi penghargaan yang didapat dari karya itu dan apresiasi masyarakat. Makanya, jangan kendor semangat buat terus bikin karya lo sendiri, ya!

 

 

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More