16
Nov ' 18
img
imaggination
4 Hal yang Bisa Lo Dapat dengan Seni Melipat Kertas
Author: GENERATION-G

Seni melipat kertas atau yang biasa disebut origami merupakan kesenian tua yang berasal dari Jepang. Bahan yang dipakai untuk membuat origami adalah kertas atau kain yang umumnya berbentuk persegi. That’s why, istilah origami ini diambil dari kata ‘ori’ yang berarti lipat dan ‘gami’ berarti kertas. Kesenian ini pertama kali diperkenalkan di abad pertama zaman Tiongkok kuno tahun 105 Masehi oleh  seseorang yang bernama Ts'ai Lun. Nggak cuma di Jepang, saat ini origami udah jadi salah satu seni yang disukai sama orang-orang di seluruh dunia. Membuat origami memerlukan ketelitian, ketekunan dan juga kesabaran. Bukan cuma buat menghasilkan karya seni, origami juga punya sederet manfaat yang baik buat otak lo!

 

 

1. Membuat Origami Dapat Melatih Ketekunan

 

Untuk menghasilkan karya yang indah dari seni melipat kertas, diperlukan ketekunan dalam mengerjakannya. Kalau nggak tekun, yang ada malah jadi menyerah sebelum karyanya jadi. Penelitian juga menunjukkan kalau origami bisa mengasah ketangkasan koordinasi tangan dan mata. Nah, maka dari itu kegiatan ini bisa membantu lo berlatih untuk mewujudkan apa yang lo inginkan dan mengerjakannya sampai tuntas! Mungkin kadang hasil lipatan yang lo buat nggak selalu pas, untuk itu origami juga dapat melatih diri lo untuk ngerti arti kegagalan dan memotivasi untuk dapat melakukan yang lebih baik lagi.

 

 

Img source: wwf.org.uk

 

2. Belajar Memecahkan Masalah

 

Di tiap diagram seni melipat kertas ada beberapa tahapan yang merupakan rangkaian dari persoalan lipatan yang bermacam-macam. Ketika lo membuat origami dengan cara mengikuti alur diagram yang ada, sebenarnya lo lagi menghadapi suatu persoalan. Menciptakan apa yang sudah ditulis dalam petunjuk nggak selalu mudah. Jangan khawatir, kalo lo berhasil mengikuti stepnya, pasti hasil akhir dari origami lo akan bagus! Lewat proses itulah lo akan belajar gimana caranya mengikuti arahan, membaca gambar dan memecahkan masalah.

 

 

Img source: origamik.ru

 

3. Berpikir Sistematis Lewat Seni Melipat Kertas

 

Jenis lipatan dari origami biasanya berdasarkan teori matematis, bukan asal lipat. Nggak cuma itu, salah satu hal yang paling menjadi faktor keindahan dari model origami adalah proporsi bentuknya! Karena setiap lipatan harus proporsional, dengan membuat origami akan membuat lo mengenal konsep perbandingan dan berpikir matematis secara lebih baik. Semakin sering lo berlatih membaca diagram petunjuk yang diberikan, maka kemampuan lo dalam membaca diagram juga akan semakin baik. Proses itu yang akan merangsang logika untuk memikirkan rangkaian origami sampai tahapannya selesai.

 

 

Img source: bgmagazine.com

 

4. Membantu Mempertajam Daya Ingat

 

Setelah lo berhasil membuat sebuah bentuk origami, maka lo harus memakai daya ingat untuk menyimpan langkah-langkah untuk menciptakan bentuk itu lagi tanpa lihat petunjuk. Awalnya memang susah, tapi dengan latihan yang konsisten, lama-lama semua akan jadi lebih mudah, kok! Membuat seni origami juga bisa bikin lo merasa tertantang untuk berimajinasi dan bereksplorasi. Hasil sampingnya adalah kepuasan emosional yang didapat waktu selembar kertas udah berubah jadi kreasi baru yang menarik.

 

Sekarang, udah tahu kan kalau origami bukan cuma sekedar kesenian yang biasa - biasa aja? Origami bisa jadi media belajar yang baik buat mengasah otak dari seluruh kalangan usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai lansia. Ketika lo sudah berhasil menyelesaikan sebuah karya origami, dijamin ketagihan untuk membuat karya yang rangkaiannya lebih menantang! Praktis dan sederhana, tapi bisa ngasih sederet manfaat sehat. Gimana, tertarik buat nyoba?

 

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

imaggination

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!
Read More

imaggination

5 Tips Penting Buat Lo Yang Mau Bikin Bisnis Sendiri
Mau memulai bisnis sendiri? Ini tips-tips yang perlu lo tau sebelum memulainya!
Read More

imaggination

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Kamu Hobi Tunda Pekerjaan
Buat kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan sampai menumpuk, ini nih tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari procrastinating!
Read More

imaggination

Belajar Hal Penting dari Festival EDM
EDM festival surely can take your experience to the next level. Event yang satu ini bisa ngasih pengalaman party beda dibanding clubbing di nightclub.
Read More