logo

Punya keahlian di dunia seni misalnya jago gambar atau mengaransemen lagu, harusnya jadi poin plus yang bisa upgrade pede lo. Nggak banyak lho orang yang bisa melakukan apa yang udah lo lakukan! Selain bisa meluapkan perasaan dan dikenal banyak orang lewat karya, ada hal lain yang bisa lo dapat juga, kok! And thanks to technology, now you’ve got thousands way to earn money from your art!

Eits. jangan nggak percaya dulu. Beberapa seniman Indonesia udah berhasil tuh mewujudkan bisnis sukses, berawal dari karya seni! Mau tahu siapa aja mereka?

 

Source: letthebeastin.com

 

1. Kamengski

 

Sekilas, dari jauh lo liat temen pake baju merk ternama yang harganya pasti gila. Eh, pas dideketin ternyata isinya plesetan! Fix, Kamengski, tuh! Ide bisnisnya bikin parodi fashion ternama berhasil menciptakan tren di antara anak muda. Selain harganya yang pas di kantong, desain “nyeleneh” hasil kreasinya dari logo merk-merk ternama ini juga bikin mikir dan ketawa! Terus, gimana ya cara Sulaiman Said bikin brand-nya ini beranjak dari sekadar bercandaan saat nongkrong sampai bisa naik daun?

Ternyata, bisnis sukses ini bermula dari pikiran Said soal susahnya buat pakai label terkenal karena harganya yang mahal. Padahal, berbagai barang dari label itu juga dibuat di Indonesia, lho! Nah, dari situlah pikirannya soal membuat hal yang sama dimulai. Nggak perlu modal banyak, Generation-G! Menurut obrolan Said dengan salah satu media, modal awalnya cuma Rp300.000,-! Jualannya pun nggak ribet, semua promosi dilakukan lewat media sosial. Soal keberhasilannya nggak perlu lo ragukan lagi, brand Kamengski kini udah dipakai di seluruh Indonesia.

 

Source: www.brillio.com

 

2. Darbotz

 

Goresan “cumi kong” milik Darbotz, udah pasti sering lo temukan di berbagai sudut ibukota. Mulai dari tembok-tembok pinggir jalan bahkan juga menghiasi desain arsitektur dari salah satu hotel di Jakarta. Kerennya lagi, karya Darbotz bukan cuma bisa lo temukan di tembok, tapi juga dalam koleksi brand kenamaan, DC Shoes, di tahun 2017 lalu. Nggak perlu heran, karya Darbotz emang udah lama jadi pembicaraan nggak cuma di Indonesia, tapi juga berbagai belahan dunia. Street artist yang satu ini juga udah bekerja sama bareng pelaku seni dunia lainnya. Pengen sentuhan Darbotz jadi bagian dari fashion lo? Bisa! Kini, Darbotz juga udah merambah dunia bisnis, kok! Karyanya  sekarang juga sudah dipasarkan ke berbagai fashion items lain melalui brand miliknya sendiri, Kong.

 

Source: http://www.curiositiescabi.net

 

3. Diela Maharani

 

Ngomongin seniman Indonesia yang udah sukses “mengubek” pasar internasional, nama Diela Maharani harus banget disebut. Cewek yang awalnya bekerja sebagai akuntan ini, memilih nerusin passionnya dalam dunia seni, yakni menggambar. Tapi, nggak cuma sekadar menggambar. Ilustrasinya yang penuh warna dan unik akhirnya dibuat bentuk bordir pada kain dan jadi salah satu bisnis sukses.

Pernah dengar satu platform yang memuat ilustrasi dari berbagai seniman di dunia, DevianArt? Dari situlah dunia mulai kenal dengan karya-karya Diela dan ia pun diajak ikut salah satu pameran di Austin, Amerika Serikat tahun 2010. Nggak cuma membuka jalannya dikenal oleh banyak orang, di platform itu, Diela juga mulai menjual karyanya. Selain DevianArt, Diela juga memasarkan karyanya di berbagai e-commerce yang menjual karya seni lainnya. Nggak tanggung-tanggung, Diela sekarang udah bekerja sama dengan beragam fashion line atau perancang busana di dunia, lho!

 

Source: www.provoke-online.com

 

4. Liunic on Things

 

Seni nggak cuma bisa dinikmati dengan dilihat aja. Sekarang, udah banyak wearable art yang juga bisa lo pakai dan bikin keren maksimal. Contohnya, karya dari dua bersaudara Cella dan Owi Liunic yang berhasil menuangkan kreativitas mereka jadi sebuah bisnis sukses yang menghasilkan!

Awal mula terjunnya mereka ke dunia bisnis juga nggak disangka. Gambar yang tadinya jadi kegiatan yang mereka lakukan buat rileks, akhirnya dibuat berbagai bentuk seperti postcard, zine, dan pin buat ikutan salah satu art market. Hasilnya, positif! Karya mereka disukai sama banyak orang dan karyanya udah dibuat ke macam-macam bentuk, misalnya scarf, patches, dan juga tas.

Dari keempat cerita bisnis sukses seniman Indonesia ini, lo bisa belajar banyak hal, Generation-G! Yang paling penting, buat setiap hal yang lo lakukan, totality is a must! Makanya, jangan setengah-setengah dan cari banyak cara biar motivasi kerja lo on terus!

Related Article

30

Oct ' 17

pic

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!

Belanja di Thrift shop, cara seru buat jadi keren dengan lebih murah!
09

Jan ' 18

pic

4 Cara Berpikir Positif Pas Mau Ujian

No more negative thoughts! Ini 4 cara berpikir positif saat akan menghadapi ujian.
25

Jan ' 18

pic

Intip Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur yang Asik Ala Anak90-an!

Selain jadi tempat istirahat, kamar juga bisa jadi media lo buat ekspresi dengan dekorasi kamar tidur yang tepat. Yuk, intip inspirasi kamar yang asik ala anak ‘90-an!
11

May ' 18

pic

Pameran Karya Seni Ini Bisa Masuk Agenda Traveling Lo!

Selain pemandangan alam atau tata kota yang keren, salah satu alasan orang traveling adalah karena ada pameran karya seni di festival yang diselenggarakan di kota tersebut! Save your pocket money, you're not gonna miss these places!
11

May ' 18

pic

Bukan Cuma Sehat, Ini Manfaat Lari Sore Buat Lo!

Pagi-pagi jogging sih udah biasa! Nah, kalau lari sore, enak nggak, ya? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut!