logo

Jogging atau lari menjadi salah satu olahraga paling favorit di dunia. Selain nggak butuh pengawasan yang khusus dan murah meriah, berlari terutama di outdoor jadi suatu cara refreshing juga! Satu lagi, nih. Jogging juga cukup fleksibel dilakukan. Umumnya, orang-orang melakukannya di pagi hari. Tapi, ada juga yang lebih siap mengeluarkan sepatu larinya di sore hari. Setiap waktu memang punya manfaatnya sendiri-sendiri. Nah, kalau manfaat lari sore itu kira-kira apa aja, ya?

 

 

1. Adem sepoi-sepoi

 

Buat kita yang tinggal di daerah dengan cuaca tropis, udara yang lagi adem sepoi-sepoi dan nggak perlu ketemu matahari jadi manfaat lari sore yang paling dibutuhkan. Seperti yang kita tahu, saat berlari tubuh menghasilkan panas dalam tubuh. Nah, dengan lari saat matahari lagi terik-teriknya, lo pasti merasakan kepanasan yang lebih.

 

Beda banget sama berlari saat sore, misalnya jam empat atau lima sore. Saat itu, matahari yang nggak terlalu terik bisa jadi tambahan penyemangat lo buat menuntaskan track. Ada satu lagi nih tambahan manfaatnya! Jadi, ketika lo lari di waktu dekat terbenamnya matahari, lo nggak perlu takut sama radiasi matahari.

 

 

2. Udah nggak banyak kegiatan, jadi bisa langsung tidur

 

Punya masalah susah tidur? Olahraga bisa jadi salah satu solusi untuk lo mengembalikan jadwal tidur yang mulai berantakan karena bikin lo lebih cepat ngantuk dan tidur lebih nyenyak. Makin sering olahraga rutin misalnya jogging, tubuh lo juga akan merasa berenergi lebih lama dibanding saat jarang melakukannya.

 

Manfaat lari sore lainnya adalah karena mayoritas kegiatan seperti kuliah dan bekerja dilakukan saat pagi dan siang hari. Jadi, sore adalah waktu yang tepat buat hit the track dan mengeluarkan sepatu lari lo yang sudah hampir berdebu itu karena lo bisa langsung tidur puas setelahnya. Rasa lelah yang diperoleh dari olahraga juga bikin lebih gampang tidurnya!

 

 

3. Kondisi tubuh sedang menunjang

 

Dalam berbagai teori kesehatan, sering dibilang bahwa sore menjadi salah satu waktu yang tepat buat berolahraga. Sebab, saat itu tubuh sedang dalam temperatur yang tepat dan berarti otot juga berada dalam fase yang cukup supple. Nggak heran, saat berlari di sore hari lo akan dapat mencapai kecepatan yang mungkin nggak bisa lo capai di pagi hari.

 

Fakta ini juga ditunjang sama penelitian dari Dr. Boris Medarov dari Long Island  Jewish Medical Center di New York, Amerika Serikat. Katanya, fungsi paru-paru akan bekerja 6 persen lebih baik saat sore hari. Jadi, manfaatnya bukan hanya cuacanya aja, tapi tubuh lo juga ikutan mendukung!

 

Source: https://unsplash.com/photos/TT2J5t1QaMw

 

4. Sudah sadar sepenuhnya

 

Ngaku aja, deh! Sering kan kita udah pasang alarm pagi-pagi tapi ujungnya nggak jadi lari? Ngantuk memang kadang jadi alasan yang bisa menghalangi niat baik buat jogging. Kalau jadwal larinya diganti sama sore hari setelah selesai kegiatan misalnya kuliah, susah deh buat cari alasan lain.

 

Selain itu, manfaat lari sore juga lebih enak, karena tubuh lo udah ‘alert’ alias bangun dan sadar sepenuhnya. Selain karena faktor keamanan karena banyaknya kejadian nggak terduga karena lo lari saat masih dalam keadaan agak tidur,  kesadaran penting banget buat jaga keseimbangan. Nggak mau kan saat asik-asik lari ternyata malah sempoyongan?

 

So, who’s ready to hit the track? Sebelum lari, pastikan lo sudah melakukan pemanasan dan memilih sepatu yang tepat, ya!

Related Article

30

Oct ' 17

pic

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!

Belanja di Thrift shop, cara seru buat jadi keren dengan lebih murah!
09

Jan ' 18

pic

4 Cara Berpikir Positif Pas Mau Ujian

No more negative thoughts! Ini 4 cara berpikir positif saat akan menghadapi ujian.
25

Jan ' 18

pic

Intip Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur yang Asik Ala Anak90-an!

Selain jadi tempat istirahat, kamar juga bisa jadi media lo buat ekspresi dengan dekorasi kamar tidur yang tepat. Yuk, intip inspirasi kamar yang asik ala anak ‘90-an!
11

May ' 18

pic

Pameran Karya Seni Ini Bisa Masuk Agenda Traveling Lo!

Selain pemandangan alam atau tata kota yang keren, salah satu alasan orang traveling adalah karena ada pameran karya seni di festival yang diselenggarakan di kota tersebut! Save your pocket money, you're not gonna miss these places!