logo

Nggak banyak hal yang bisa lo lakukan saat ngerasa stuck atau nggak mood dalam bekerja. Padahal, kerjaan juga nggak akan berkurang saat lo lagi dalam fase kayak gini. Lama-lama, project lo malah numpuk dan nggak terselesaikan. Bukan berarti nggak ada jalan keluar, kok! Ada lho beberapa hal yang bisa “mancing” motivasi kerja lo timbul lagi ke permukaan. Kira-kira, apa aja, ya?

 

 

Img source: https://unsplash.com/photos/TMgQMXoglsM

 

1. Selalu Melihat ke Arah Positif

 

Sesekali ngerasa down dan unmotivated kayak gini adalah hal yang wajar-wajar aja, kok! Terutama, buat anak muda kayak lo. Tapi, bukan terus-terusan manjain perasaan kayak gini dan malah jadi nggak berkembang. Saat berada dalam fase yang merasa negatif terus-terusan, coba deh untuk melihat ke arah yang lebih positif, salah satunya adalah dengan membuat list apa saja kebaikan yang dihasilkan oleh pekerjaan lo saat ini.

Mindset kayak gini penting banget! Sebab, ketika lo berusaha melihat sisi positif dari pekerjaan lo saat ini, energi positif ini akan mulai mengalir dan bisa jadi motivasi kerja. Selain itu, penting juga buat menjaga pola pikir positif ini di setiap waktu, misalnya dengan berpikir bahwa project yang lagi lo kerjain ini bukanlah beban, melainkan bagian-bagian puzzle untuk membantu jalannya karir lo. Dijamin, energi positif akan mengalir dengan mudah. Kalau sudah berhasil bikin mindset yang positif gini, jangan lupa buat menjaganya, sebab pikiran positif nggak cukup cuma diciptakan, tapi juga perlu dirawat. Caranya adalah dengan berusaha menciptakan lingkungan yang positif, menghindari kondisi negatif dan orang-orang yang bisa bawa negatif impact buat lo, dan tentunya berbagi hal positif ke sekitar. Sebab, dampaknya bukan hanya bagi orang itu, tapi juga buat diri sendiri.

 

 

Img source: https://unsplash.com/photos/94Ld_MtIUf0

 

2. Buat Goals yang Lebih Kecil

 

Saat dihadapkan sama goal yang lebih besar dengan banyaknya hal yang harus dikerjaan, bukan nggak mungkin perasaan jiper atau takut muncul duluan dibandingkan motivasi kerja untuk menyelesaikannya. Nggak perlu jiper!  Cara paling simple yang bisa lo lakukan adalah dengan memecahnya jadi goals yang lebih kecil. Lalu lo bisa menyelesaikan satu per satu goals tersebut.

Jangan lupa, tulis semua goals itu sehingga nggak ada yang terlewatkan. Satu lagi, tips mudah yang bisa mendongkrak semangat lo adalah dengan menulis semua check list yang udah selesai. Dengan melihat banyaknya goals yang sudah selesai, lo akan dapat suntikan semangat dan yakin kalau lo bisa melalui semuanya!

 

 

Img source: https://unsplash.com/photos/VwMnH-QSY3c

 

3. Bebasin Diri Lo!

 

Seimbangkan hidup lo dengan pekerjaan dengan cukup beristirahat. Setelah menyelesaikan kerjaan lo dengan sebaik-baiknya, nggak ada salahnya untuk ambil waktu buat benar-benar lepas dari tanggung jawab itu, kok! Buat yang suka traveling, bisa banget tuh ambil beberapa waktu libur untuk explore tempat-tempat baru yang siapa tahu bisa kasih insight yang baru juga nantinya. Nah, kalo lo punya hobi khusus misalnya bermusik, sisihkan juga waktu untuk lo menikmati hobi itu tanpa diganggu sama kerjaan. Intinya, untuk beberapa waktu, bebasin diri lo! Setelah itu, motivasi kerja bakalan mengalir dengan sendirinya.

 

 

Img source: https://unsplash.com/photos/TamMbr4okv4

 

4. Ingat yang Akan Lo Dapatkan

 

Selain bikin list tentang apa yang harus dikerjakan, suntikan motivasi kerja juga bisa lo peroleh dari membayangkan apa aja yang akan didapat setelah menyelesaikan pekerjaan ini. Selain isi kantong tentunya, pasti ada banyak hal yang diperoleh, contohnya koneksi, portofolio keren, dan tentunya pelajaran baru. You name it! Kalau perlu, tulis dan simpan di tempat yang kelihatan mata dan bisa jadi booster buat semangat lo!

 

 

Img source: https://unsplash.com/photos/a46hk9S8bgI

 

5. Rewarding

 

Yep, celebrate every wins! Kalau di poin sebelumnya motivasi kerja bisa lo peroleh dari apa yang akan didapatkan dari pekerjaan ini, kini saatnya kasih penghargaan buat diri lo sendiri! Setelah goals lo satu per satu dalam pekerjaan ini bisa terselesaikan, treat diri lo sendiri dengan hadiah-hadiah yang lo bisa bikin bahagia. Misalnya, makan makanan favorit, jalan-jalan seru, satu set game, satu ronde olahraga, atau bahkan nonton film yang udah ditunggu-tunggu. Dengan begitu, lo akan punya motivasi kerja dan makin semangat buat menyelesaikan semua pekerjaan. Then, you’re ready for good days at work!

Related Article

30

Oct ' 17

pic

Thrift Shop Time! Ini Alasan Belanja Baju Loak Seru!

Belanja di Thrift shop, cara seru buat jadi keren dengan lebih murah!
09

Jan ' 18

pic

4 Cara Berpikir Positif Pas Mau Ujian

No more negative thoughts! Ini 4 cara berpikir positif saat akan menghadapi ujian.
25

Jan ' 18

pic

Intip Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur yang Asik Ala Anak90-an!

Selain jadi tempat istirahat, kamar juga bisa jadi media lo buat ekspresi dengan dekorasi kamar tidur yang tepat. Yuk, intip inspirasi kamar yang asik ala anak ‘90-an!
11

May ' 18

pic

Pameran Karya Seni Ini Bisa Masuk Agenda Traveling Lo!

Selain pemandangan alam atau tata kota yang keren, salah satu alasan orang traveling adalah karena ada pameran karya seni di festival yang diselenggarakan di kota tersebut! Save your pocket money, you're not gonna miss these places!
11

May ' 18

pic

Bukan Cuma Sehat, Ini Manfaat Lari Sore Buat Lo!

Pagi-pagi jogging sih udah biasa! Nah, kalau lari sore, enak nggak, ya? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut!