logo

Buat mencapai puncak gunung udah pasti bukan hal mudah, Generation-G! Namun, jalan terjal dan usaha lebih yang lo berikan saat naik gunung terbayar manis pas lo tiba di tujuan atau puncaknya. Tentunya, berbagai hal perlu lo persiapkan, mulai dari ketahanan fisik dan psikologis. Nggak mau dong tiba-tiba sakit di perjalananan?

 

Selain kondisi fisik dan psikis, perlengkapan mendaki yang oke juga perlu lo persiapkan. Sekarang, banyak lho perlengkapan mendaki yang desain dan kemampuannya bakalan membantu lo selama di perjalanan. Mau tahu apa aja?

 

 

Img source: https://unsplash.com/photos/dheDxkDi-Bs

 

1. Smart Stove

 

Nggak ada lagi adegan makan makanan dingin saat hiking. Lo bisa tetap hangat setiap saat dengan kompor yang didesain khusus sebagai perlengkapan mendaki. Secara umum, kompor yang tersedia buat memenuhi kebutuhan pendakian ini menggunakan bahan bakar yang mudah untuk dibawa dan nggak berbahaya. Tapi, belakangan ini udah tersedia kompor pintar yang dapat digunakan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di lingkungan outdoor seperti cahaya matahari (solar panel) dan ranting. Nggak perlu lagi deh repot-repot bawa bahan bakar!

 

Buat yang pengen lebih “ekstra”,  camp stove  juga udah ada yang dilengkapi dengan panel buat jadi power source untuk ngecharge. Jadi, lo bisa ngecharge barang-barang elektonik seperti kamera, senter, dan juga ponsel sambil masak di gunung. Asik, ya!

 

 

Img source: https://goo.gl/images/b8q8aG

 

2. Satellite Communicator

 

Kehilangan sinyal dan nyasar saat hiking karena nggak punya sinyal GPS? Ngaku aja, deh! Selama ini, lo bergantung banget kan sama sinyal ponsel buat mencari arah? Kenyataannya, nggak semua tempat bisa dijangkau sama sinyal ponsel.  Jadi, saat mendaki gunung, lo harus benar-benar memperhatikan track yang telah dibuat oleh penduduk setempat atau tanda-tanda lainnya biar nggak nyasar.

 

Untuk menyiasati masalah komunikasi dan pencarian arah kayak gini, sekarang udah ada perlengkapan mendaki berbentuk teknologi satellite communicator yang bisa memudahkan perjalananan lo. Benda yang satu ini akan membantu dalam proses pemancaran sinyal, sehingga lo nggak cuma bisa melakukan pencarian arah tapi juga berkomunikasi. Bahkan, kini udah ada satellite communicator yang juga memungkinkan lo untuk membuka media sosial untuk sekadar update status!

 

 

Img source: https://unsplash.com/photos/FQ96bh4O1tY

 

3. Inflatable Tent

 

Kemah udah jadi perlengkapan mendaki yang nggak boleh ketinggalan. Tapi, udah nggak terhitung ya waktu yang terbuang untuk membuat kemah konvensional! Buat yang baru pemula, kadang justru waktu yang terbuang bisa berjam-jam hanya untuk membuat satu kemah. Untuk membuat waktu yang berharga ini jadi lebih efisien, lo bisa beralih menggunakan inflatable tent. Desainnya memudahkan lo untuk membangun dan juga melipat tendanya.

 

Selain mudah digunakan, bahan yang digunakan oleh perlengkapan mendaki ini juga didesain agar mudah dan ringan untuk dibawa. Kemudahan lainnya bisa lo temuin di kemampuannya buat nahan angin. Keren, kan?

 

 

Img source: https://unsplash.com/photos/7u6Jmwg2ZQ0

 

4. Water Bottle

 

Perjalanan yang melelahkan dan sulitnya untuk memperoleh air siap minum bikin lo harus bawa cadangan air minum sebanyak-banyaknya. Nggak heran, tas yang lo bawa beserta isi perlengkapan mendaki lainnya jadi cukup berat dan pastinya merepotkan di perjalanan. Say goodbye, then! Kini satanya lo meng-upgrade botol minum konvensional lo dengan yang lebih canggih. Bukan sekadar botol air biasa, dengan botol air berteknologi tinggi, lo bisa dapat air bersih kapan saja dan di mana saja. Nggak perlu lagi deh bikin tas makin berat. Lo hanya perlu mengambil sumber air yang cukup bersih dengan botol minum berteknologi tinggi, lalu air tersebut akan langsung diproses untuk menjadi siap minum!

 

 

Img source: https://goo.gl/images/6goxQm

 

5. Solar Power Light

 

Kehabisan baterai senter saat sedang mendaki? Masalah seperti ini nggak perlu lagi lo alami! Dengan energi matahari dari sonal panel, beberapa merk senter telah dapat digunakan tanpa harus mengganti baterai atau diisi ulang dayanya menggunakan listrik. Akan tetapi, pastiin perlengkapan mendaki solar power light ini dapat cukup energi matahari di siang hari. Sehingga, pas lo akan menggunakannya saat hari gelap, dayanya udah terisi, ya!

 

Now, you’re packed up! Dengan melengkapi acara naik gunung lo pakai benda-benda ini, nggak perlu kesusahan, kan? Walau alatnya udah canggih, jangan lupa tetap jaga keselamatan dan hati-hati saat proses pendakian atau pas mencari spot foto (direct ke artikel spot foto) yang bagus. Safety first, Generation-G!

Related Article

31

Oct ' 17

pic

5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable

Bring a highlight for your day! 5 café di Jakarta ini perlu lo datengin!
08

Jan ' 18

pic

Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!

Bukan baju aja yang bisa mix n match! Ini dia 4 kombinasi makanan unik yang perlu lo coba!
24

Jan ' 18

pic

Temukan Keindahan dari 5 Spot Foto ala Video Klip Band Lokal

Memadukan visual yang cantik dan lagu yang enak, deretan video klip dari band lokal ini sukses menghipnotis! Lokasinya juga bisa jadi spot foto buat Instagram feed lo, lho!
16

Apr ' 18

pic

Pengen Travel Murah ke Luar Negeri? Ini Destinasi yang Bisa Lo Kunjungi!

Siapa bilang jalan-jalan ke luar negeri mahal? Dengan plan yang pas, lo bisa mengunjungi negara-negara tetangga dengan kantong yang tetap bahagia. Coba ke beberapa destinasi keren seperti Sri Lanka, Hongaria, dan beberapa tujuan lainnya, yuk!