17
Jan ' 19
img
archipelaggo
Wisata Air Terjun Dekat Jakarta Yang Cocok Jadi Spot Baca Buku
Author: GENERATION-G

Di Indonesia ada banyak banget air terjun yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Beberapa ada yang udah jadi tempat wisata dan beberapa lagi bahkan belum tersentuh. Karakteristik dari air terjun pun bermacam-macam, mulai dari yang dangkal sampai yang punya kedalaman belasan meter. Nah, 4 air terjun terdekat dari kota Jakarta ini cocok banget buat kalian selaku the commuters yang penat banget akan banyaknya pekerjaan dan butuh liburan dengan waktu singkat. Let’s check this one out!

 

Img source: hayukabogor.id

 

1. Curug Leuwi Hejo

 

Air terjun yang pertama yaitu Leuwi Hejo. Warga sekitar sering menyebut air terjun ini dengan nama Curug Leuwi Hejo. Sebagai tambahan, kata "curug" ini merupakan kata dari Bahasa Sunda yang artinya air terjun. Kolam di sekitar curug ini kedalamannya sampai 7 meter dan airnya pun terlihat kehijau-hijauan, tapi masih tetap jernih. Di curug ini juga ada bebatuan yang berguna banget buat lo yang pengen memicu adrenalin dengan terjun ke kolam tersebut. Curug terkenal ini adanya di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Untuk mengakses curug yang satu ini, lo bisa melewati jalan raya Sentul City sampai ke perempatan Jungle Land, habis itu terus saja sampai bertemu tanda "Selamat Datang di Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong" di sisi kanan jalan. Untuk tiket masuknya sendiri dikenakan harga Rp 10.000 dan parkirnya sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

 

 

Img source: dolanyok.com

 

2. Curug Leuwi Lieuk

 

Curug yang satu ini punya lokasi yang hampir sama dengan Curug Leuwi Hejo. Tapi untuk mengakses curug ini, lo harus berjalan agak jauh lagi dari parkiran yang ada di kawasan Curug Leuwi Hejo. Walaupun harus berjalan lagi, rasa capeknya bakal dibayar lunas sama keindahan yang ada di Curug Lieuk. Air di curug ini bersih dan bening banget! Plus, bebatuan yang ada di sana nggak ada yang berlumut. Kolam di air terjun ini berkedalaman 4 meter, jadi kalian harus punya skill berenang yang baik, ya. Air terjun Leuwi Lieuk ini juga dinobatkan sebagai Green Canyon Mini versi Bogor, lho! Untuk harga tiket dan parkirnya sendiri sama kok seperti saat mengakses Curug Leuwi Hejo. Hal tersebut dikarenakan Curug Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk ini masih terletak di lokasi yang sama tapi sedikit berjauhan.

 

 

Img source: novazakiya.com

 

3. Curug Cikaracak

 

Air terjun yang bisa lo datangi berikutnya adalah Curug Cikaracak, yang terletak di Desa Cinagara, Bogor, Jawa Barat. Curug yang satu ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Curug ini sebenarnya mempunyai dua air terjun yang masing-masing berketinggian sekitar 40 meter dan 20 meter. Airnya juga jernih banget sampai bisa diminum, lho! Untuk mengakses air terjun ini, lo bisa melewati Jalan Raya Sukabumi sampai pertigaan Cinagara. Lalu masuk ke pertigaan tersebut dan jalan terus saja. Setelah itu, kendaraan yang dibawa bisa diparkir di komplek warga sekitar dengan tarif Rp 5.000 khusus motor atau mobil. Kalau tiket masuknya sendiri cuma Rp 2.000 aja, kok!

 

 

Img source: huawei.com

 

4. Curug Parigi

 

Untuk yang satu ini, mungkin lo akan susah percaya kalau air terjun ini terletak di Kota Bekasi. Yep, air terjun ini terletak di Bantargebang tepatnya di kali Cileungsi. Bentuk air terjunnya sendiri lebih menyerupai air terjun Niagara yang nggak tinggi tapi melebar. Kondisi air terjunnya sendiri sebenarnya cukup kece kalau nggak ada sampah yang bertebaran. Untuk mengakses Curug Parigi ini, lo harus melewati Jalan Raya Narogong. Kalau lo datang dari arah Bekasi, kalian harus belok kanan ke Jalan Pangkalan 4 dan setelah itu terus saja. Ongkosnya sendiri cuma dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.

 

Walaupun dekat dari Jakarta, deretan air terjun di atas dijamin nggak bakal bikin lo bosen dan betah berlama-lama menghabiskan waktu di sana! Nah, kalau punya waktu liburan yang lebih panjang, obyek wisata di ujung Pulau Jawa bisa jadi agenda liburan yang nggak kalah seru juga, lho!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

archipelaggo

5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
Read More

archipelaggo

Things You Don’t Want to Miss at Creamfields 2016
Di Agustus 2016 ini bakal ada festival musik seru, Generation-G! Festival bernama Creamfields yang diselenggarakan di Daresbury, Inggris, ini berlangs
Read More

archipelaggo

3 Bar Wajib Coba di Boracay
Pulau Boracay adalah salah satu tempat eksotis yang wajib buat dikunjungi saat loe berada di Filipina. Apalagi, pulau kecil yang ada di selatan Manil
Read More

archipelaggo

Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Read More