04
Jun ' 18
img
archipelaggo
Tips Traveling Penting yang Suka Disepelein. Sering Lakukan Ini?
Author: GENERATION-G

Bali, Raja Ampat, Phuket, hingga Tuscany, udah ada rencana liburan kemana yang bikin lo excited kali ini? Selain cari harga akomodasi termurah dan kafe-kafe paling hip serta instagrammable di sana, ada beberapa tips traveling simpel yang keliatannya sepele, tapi wajib lo ketahui sebelum buru-buru berangkat! Apa aja sih?

 

 

1. Amankan Dokumen Traveling Dalam Bentuk Rangkap atau Digital

 

Tips traveling satu ini, diutamakan banget buat lo yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen-dokumen seperti paspor, visa, asuransi, dan itinerary khususnya, harus disiapkan rangkap. Siapkan dalam bentuk fisik dan simpan back up file nya dalam akun drive Lo biar lebih menghemat kertas dan praktis. Tujuannya? Tentu aja buat hemat waktu agar saat dibutuhkan dokumen ekstra buat beberapa prosedur regulasi diluar rencana. Untuk perjalanan domestik, siapkan lebih matang keamanan credit/debit card, SIM, KTP,  hingga tiket perjalanan. Kalo semuanya lancar, pasti jadi bikin liburan lo lebih asik!

 

 

2. Cari Tau Kontak & Tempat Penting

 

Lo mau coba backpacking sendirian ke negara-negara Eropa yang undiscoverable atau ke Amerika Tengah yang cultured banget, wajib perhatikan tips traveling kedua ini. Perbedaan bahasa dan budaya, tentu akan bikin kendala tersendiri saat kita menghadapi situasi darurat yang nggak diinginkan. Oleh karena itu, tahu emergency number di negara destinasi lo, titik-titik lokasi penting (rumah sakit, kantor polisi, ATM, dan kantor kedutaan) is a must! Tips traveling ini juga bisa lo lakuin dengan meluangkan satu atau dua hari dengan bergabung dengan para locals dan sekadar jalan-jalan di kota besar, agar lebih paham dengan pola serta kebiasaan mereka. Asyik banget kan pastinya, sekalian sightseeing dan menikmati suasana!

 

 

3. Packing dengan Ringkas

 

Yakin tips traveling satu ini kedengaran sepele? Emang sih, salah satu hal yang wajib dilakukan saat liburan itu hunting foto, jadi perlu untuk bawa banyak outfit keren yang bisa bikin koper jadi makin berat. Tapi, mempersiapkan bawaan seringkas mungkin, membuat efektifitas waktu dan mobilitas lo jadi makin tinggi. Tips traveling yang bisa dicoba, adalah membawa produk perawatan pribadi dalam ukuran yang travel friendly atau bawa pakaian dengan bahan yang mudah dilipat dan dipadu padan. Bawaan yang lebih ringkas juga mengurangi kemungkinan ada barang yang ketinggalan atau hilang, dan bikin biaya traveling lo jadi lebih hemat. Cek juga berbagai destinasi luar negeri murah yang lo bisa kunjungi di sini.

 

 

4. Tingkatkan Keamanan Diri Sendiri

 

Tips traveling paling penting selanjutnya, perhatikan keamanan diri lo. Nggak dipungkiri saat kita mutusin buat liburan, mau itu solo trip ataupun ramai-ramai, keamanan diri sendiri harus lebih diperhatikan. Suasana dan mood yang asyik serta padatnya itinerary, kadang bikin kita jadi lengah akan satu dua hal. Dokumen, identitas diri, mata uang di negara itui, dan gadget harus disimpan lebih siap. Misalnya  dengan pasang passcode buat buka koper, simpan berbagai kartu identitas ataupun transaksi dalam dompet yang punya material kuat, always keep your eyes on your gadget, dan bawa peralatan pertahanan diri yang mudah dibawa seperti tactical pen atau pepper spray.

 

So that’s pretty much what you need to know, Generation-G! Kemanapun destinasi traveling lo nantinya, pastikan untuk menyiapkan segalanya dengan lebih matang. Kalo perlu, lo buat list apa aja yang harus dibawa dan dilakukan sebelum berangkat, ya. Biar traveling lo jadi makin mantap dan lo bisa maksimalin waktu buat menikmati waktu liburan di sana!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

archipelaggo

5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
Read More

archipelaggo

Things You Don’t Want to Miss at Creamfields 2016
Di Agustus 2016 ini bakal ada festival musik seru, Generation-G! Festival bernama Creamfields yang diselenggarakan di Daresbury, Inggris, ini berlangs
Read More

archipelaggo

3 Bar Wajib Coba di Boracay
Pulau Boracay adalah salah satu tempat eksotis yang wajib buat dikunjungi saat loe berada di Filipina. Apalagi, pulau kecil yang ada di selatan Manil
Read More

archipelaggo

Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Read More