31
Aug ' 18
img
archipelaggo
Makanan Enak Buat Agenda Wisata Kuliner Lo di Kalimantan
Author: GENERATION-G

Selain karena aneka ragam budayanya, Indonesia juga dianugerahi sama deretan makanan yang bikin lidah bergoyang! Mulai dari Sabang sampai Merauke, lo akan menemukan makanan khas di satu daerah yang enak banget. Nah buat lo yang berencana mampir melihat keindahan tanah Kalimantan, makanan-makanan ini yang nggak boleh ketinggalan buat dicobain!

 

Image Source: youtube.com

 

1. Rasain Gurihnya Ketupat Kandangan

 

Lo penggemar makanan bersantan? Pas lagi mampir buat nikmatin keindahan alam di Kalimantan Selatan, wajib banget mampir ke daerah Kandangan. Di sini ada satu hidangan yang bisa banget lo coba, yakni Ketupat Kandangan. Sekilas, makanan ini bakalan mengingatkan lo sama ketupat sayur biasa. Bedanya adalah di penggunaan lauk, yakni bukannya pakai daging atau ayam tapi pakai berbagai jenis ikan kayak gurame, patin, atau gabus.

 

Makanan enak ini dibuat dengan bumbu-bumbu rempah seperti kayu manis, pala, cengkih, dan juga kapulaga. Karena santannya, lo juga bisa nemuin rasa gurih yang kuat di makanan ini. Nggak perlu pikir panjang, langsung aja masukkan ke daftar makanan yang mau lo cicip!

 

Image Source: kulinernusantara35.wordpress.com

 

2. Olahan Mie Sagu yang Lezat

 

Banyaknya pohon sagu di daerah Kalimantan dimanfaatin dan menghasilkan makanan yang lezat, mie sagu! Buat lo yang suka makanan sehat, mie sagu ini diolah tanpa bahan pengawet juga. Seperti mie pada umumnya, lo bisa nikmatin mie ini dengan berbagai cara, misalnya digoreng atau direbus dengan kuah kaldu.

 

Biasanya sih, mie sagu dikonsumsi pas lagi sarapan. Tapi, pas juga kalo lo pengen makan makanan enak pas lagi hujan. Pengen cobain? Makanya mampir ke Pontianak, Kalimantan Barat!

 

Image Source: monga.id

 

3. Kerang Ale-ale Tumis

 

Masih dari Kalimantan Barat, daerah Ketapang punya menu makanan dan bisa bikin lo nggak mau pulang! Di tempat ini, sejenis kerang atau yang disebut dengan ale-ale, ditumis dengan berbagai bumbu. Di dalamnya ada bawang, cabai, dan juga paprika! Nggak heran, rasa bumbu dan gurihnya ale-ale sendiri jadi enak banget!

 

Buat lo penyuka makanan enak dan pedas, coba deh ale-ale yang ditumis dengan banyak cabai atau yang suka dikenal sama bumbu mercon. Kalau mau agak beda dikit, cobain juga ale-ale yang ditumis pakai bumbu pedas manis. Enak banget!

 

Image Source: jejakrekam.com

 

4. Fermentasi Ikan atau Pakasam

 

Pernah nggak sih kebayang gimana rasanya ikan difermentasi? Kalau belum kebayang, coba main-main ke Banjar, Kalimantan Selatan, deh! Di sini terkenal banget sama olahan ikan yang sering disebut pakasam. Selain pakasam, makanan enak ini juga sering disebut dengan jukut atau iwak samu.

 

Karena melalui proses fermentasi, nggak heran makanan ini punya rasa asam. Nah, proses pembuatannya nggak cuma berhenti di fermentasi aja. Setelah itu, pakasam diolah dengan berbagai cara, salah satunya dengan dibumbui cabai dan gula. Jadi, udah kebayang belum nih rasa makanan unik ini bakalan kayak gimana?

 

Nah, itu dia empat makanan enak asal Kalimantan yang perlu lo coba! Masukin ke daftar wisata kuliner lo, ya!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

archipelaggo

5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
Read More

archipelaggo

Things You Don’t Want to Miss at Creamfields 2016
Di Agustus 2016 ini bakal ada festival musik seru, Generation-G! Festival bernama Creamfields yang diselenggarakan di Daresbury, Inggris, ini berlangs
Read More

archipelaggo

3 Bar Wajib Coba di Boracay
Pulau Boracay adalah salah satu tempat eksotis yang wajib buat dikunjungi saat loe berada di Filipina. Apalagi, pulau kecil yang ada di selatan Manil
Read More

archipelaggo

Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Read More