16
Aug ' 18
img
archipelaggo
Ayo Sambut Kemerdekaan dengan Wisata di Jakarta
Author: GENERATION-G

Memperingati hari kemerdekaan bisa dengan banyak cara. Mungkin, selama sekolah lo terbiasa melakukan upacara atau ikut berbagai lomba di karang taruna. Selain dua cara itu, masih banyak hal yang bisa dilakukan biar hari kemerdekaan jadi lebih semarak, misalnya dengan city tour ke tempat-tempat wisata di Jakarta yang punya nilai historis buat Indonesia. Siapin ransel mini dan air minum, yuk jalan-jalan ke tempat berikut!

 

 

1. Museum Taman Prasasti

 

Di tengah teriknya Jakarta, salah satu tempat asik yang bisa jadi lokasi liburan adalah kuburan! Bukan kuburan biasa, area yang tadinya pemakaman umum bernama Kebon Jahe Kober ini udah berubah wujud jadi Museum Taman Prasasti. Walau agak jauh dari area pemakaman penduduk, lokasi Museum Taman Prasasti ini lumayan gampang ditemukan, kok! Lo hanya perlu menyusuri Jalan Abdul Muis dan belok ke Jalan Tanah Abang I.

 

Sejauh mata memandang, di salah satu wisata di Jakarta ini, lo emang akan dihadapkan sama batu-batu nisan dengan desain yang bernuansa Eropa banget. Tapi, bukan cuma pemandangannya, lo bisa tahu lebih banyak tentang sejarah nisan-nisan dan juga tokoh yang dikuburkan di sana. Rata-rata, mereka adalah orang penting di zaman Belanda hingga Jepang yang jadi pelaku dari momen-momen penting dalam perkembangan Indonesia.

 

Image Source: jajanbeken.com

 

2. Bataviasche Kunstkring

 

Buat lo yang punya jiwa-jiwa kreatif, tempat ini bisa jadi tujuan mengisi waktu luang di hari Kemerdekaan. Kota Jakarta sendiri bisa dibilang punya peranan penting di era kolonial. Nah, tempat wisata di Jakarta tepatnya di Menteng ini pernah jadi lokasi buat memamerkan karya Vincent van Gogh dan Pablo Picasso saat gedung ini jadi pusat seni sampai tahun 1936.

 

Punya uang jajan lebih? Selain foto, lo bisa merasakan fine dining di tempat bergaya Eropa ini! Bagian dalam yang megah dengan interior bergaya baroque ditambah dengan sentuhan ala Nusantara bikin lo jadi bisa membayangkan gimana kondisi Indonesia saat dulu.

 

Image Source: flickr.com

 

3. Jembatan Kota Intan

 

Jembatan Kota Intan jadi wisata di Jakarta yang cukup ramah kantong. Akses ke tempat ini bisa lo jangkau dengan naik Commuter Line atau Bus Transjakarta, terus lanjut jalan kaki sekitar 15 menit. Jembatan ini dulunya punya peranan penting, lho! Sebab jadi jalan kapal-kapal besar yang akan mengangkut komoditi dari dan ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Kebayang kan betapa hectic-nya lalu lintas kapal di sini?

 

Selain ke Jembatan Kota Intan, berbagai tempat di sekitarnya juga bisa jadi tujuan wisata. Misalnya, kawasan Kota Tua yang nggak pernah sepi tiap minggunya atau jalan agak lebih jauh sedikit ke Museum Bahari. Pas menjelang sore, lanjutkan perjalanan lo ke Pelabuhan Sunda Kelapa, salah satu pelabuhan penting yang jadi “pintu” Indonesia zaman dulu!

 

Image Source: travelingyuk.com

 

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

 

Ngomongin hari kemerdekaan, sayang banget kalau lo nggak mampir di tempat ini sambil  mengingat momen paling penting dalam berdirinya Indonesia. Di Museum Perumusan Naskah Proklamasi ini, tokoh-tokoh yang berperan penting dalam kemerdekaan merumuskan naskah yang nantinya menjadi awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lokasi bersejarah yang akhirnya jadi museum ini terdiri dari dua lantai. Di lantai satu, lo bisa lihat ruang tamu pertemuan, ruang perumusan naskah proklamasi,, dan ruangan yang digunakan sebagai tempat mengetik naskah. Sementara, di lantai dua, lo bisa lihat koleksi pribadi dari tokoh-tokoh yang hadir saat perumusan naskah. Jadi bisa kenal lebih dekat sama pahlawan, kan?

 

Nggak perlu bengong mikirin kantong, kalau lo tinggal di Jabodetabek, keempat lokasi ini bisa dijangkau dengan kendaraan umum dan tentunya jalan kaki sedikit. Ya, bisa dikategorikan travel murah, lah! Stay tuned terus biar tahu informasi traveling lainnya, ya!

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

archipelaggo

5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
Read More

archipelaggo

Things You Don’t Want to Miss at Creamfields 2016
Di Agustus 2016 ini bakal ada festival musik seru, Generation-G! Festival bernama Creamfields yang diselenggarakan di Daresbury, Inggris, ini berlangs
Read More

archipelaggo

3 Bar Wajib Coba di Boracay
Pulau Boracay adalah salah satu tempat eksotis yang wajib buat dikunjungi saat loe berada di Filipina. Apalagi, pulau kecil yang ada di selatan Manil
Read More

archipelaggo

Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Read More