18
Oct ' 18
img
archipelaggo
5 Cara Asik Ngabisin Waktu di Taman Nasional Baluran
Author: GENERATION-G

Di ujung Timur Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran berdiri berbatasan langsung dengan Selat Bali. Kalau lo menempuh perjalanan ke Bali lewat jalur darat, sebelum nikmatin keindahan Pulau Dewata, sayang banget kalau lo melewatkan tempat yang satu ini! Tempat ini menyediakan paket lengkap buat lo yang mau eksplor alam lebih jauh dengan vegetasinya yang beragam dan lanskap yang nggak ada duanya. Penasaran apa aja yang bisa lo lakukan di sini? Yuk, langsung aja berangkat lihat ulasannya di bawah ini!

 

Source: banyuwangibagus.com

 

1. Kegiatan Outdoor di Hutan

 

Keberadaan hutan di Taman Nasional Baluran pas banget buat lo yang mau eksplor keragaman hayati. Julukannya sebagai miniatur hutan Indonesia emang nggak salah, sebab di tempat ini, lo bisa menemukan hampir semua tipe hutan yang ada di Indonesia. Kalau kegiatan outdoor jadi pilihan lo, coba mulai petualangan dengan eksplor evergreen forest yang hijau sepanjang tahun. Selain melihat tumbuhan hijau yang bikin pikiran fresh lagi, berbagai satwa dari mamalia yang lucu hingga predator juga bisa lo temui kalau beruntung.

 

Selain evergreen forest, hutan pantai juga dapat jadi tempat singgah di sini. Sedikit berjalan menyusuri Pantai Bama lewat Jembatan Pandang, mata lo akan disejukkan dengan eksotisnya tumbuhan mangrove. Sesuatu yang nggak banyak ditemuin di tempat lain, nih!

 

 

Source: rutebaru.blogspot.com

 

2. Menyusuri Pantai

 

Kelengkapan Baluran emang nggak bisa dipungkiri. Selain gunung yang menjulang, ada juga pantai-pantai asik buat lo yang suka santai. Nggak cuma satu, Baluran punya beberapa pantai yang bisa jadi tempat chill, yakni yang terkenal Pantai Bama, Pantai Bilik Sijile, dan juga Pantai Balanan.

 

Pertama, Pantai Bilik Sijile, bakalan jadi tempat yang pas buat lo lihat sunset. Selain itu, lo juga bisa lihat pemandangan bawah laut yang keren abis. Bukan cuma di situ, pemandangan bawah laut yang nggak kalah bagusnya juga bisa lo temukan di Pantai Bama. Bedanya, spot ini punya fasilitas yang lengkap, yakni dengan adanya kantor dan akses buat ke Hutan Mangrove. Satu pantai lagi, nih! Kalau kuat jalan kaki sejauh 3KM, cobain berangkat ke Pantai Balanan yang punya pasir putih. Asik buat santai bareng teman-teman!

 

 

Source: duniart.com

 

3. Kenalan Sama Fauna Dan Flora Yang Ada

 

Salah satu tujuan dari adanya Taman Nasional Baluran adalah buat melestarikan kehidupan hewan-hewan di sana. Di lahan yang luasnya sekitar 25.000 hektar ini, lo bakalan menemukan sejumlah flora dan fauna yang langka dan dilestarikan maupun yang memang banyak ditemukan di tempat lain.

 

Tempat ini jadi rumah buat beberapa jenis hewan, misalnya banteng, rusa timor, kijang, macan tutul, anjing hutan, trenggiling, merak hijau, ayam hutan hijau, kerbau liar, kancil, dan kucing Bakau. Menemani keberlangsungan hidup mereka, lo juga bisa lihat berbagai flora, yakni trenggulun, marelang, bayur,  kemiri, mimba, dan aren.

 

 

Source: balurannationalpark.web.id

 

4. Rasakan Eksotisnya Savana

 

Salah satu spot paling penting dan paling banyak didatangi sama wisatawan adalah Savana Bekol yang ada di Taman Nasional Baluran. Secara visual, lo bisa nangkep momen-momen eksotis kayak pas matahari terbenam atau cuma hamparan rumput menguning yang bikin lo kelihatan kayak lagi off road di Afrika. Kalau beruntung, berbagai jenis hewan juga bisa tertangkap lensa kamera atau lo lihat langsung. Gunung Baluran yang berdiri tegak, deretan tengkorak hewan, dan papan-papan informasi jadi spot yang pas buat foto, lho!

 

Kebayang kan kerennya di sini? Buat sampai ke sini, lo bisa naik kendaraan umum biar berasa liburan murah atau juga sewa kendaraan sendiri dari Banyuwangi. Jangan lupa siapkan fisik dan mental karena tempat ini bakalan nge-challenge lo habis-habisan. Selamat liburan!

 

 

SHARE THIS AWESOMENESS!!

Trending

archipelaggo

5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
5 Cafe di Jakarta Dengan Spot Instagrammable
Read More

archipelaggo

Things You Don’t Want to Miss at Creamfields 2016
Di Agustus 2016 ini bakal ada festival musik seru, Generation-G! Festival bernama Creamfields yang diselenggarakan di Daresbury, Inggris, ini berlangs
Read More

archipelaggo

3 Bar Wajib Coba di Boracay
Pulau Boracay adalah salah satu tempat eksotis yang wajib buat dikunjungi saat loe berada di Filipina. Apalagi, pulau kecil yang ada di selatan Manil
Read More

archipelaggo

Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Surprise! 4 Kombinasi Makanan Unik Ini Perlu Lo Coba!
Read More